Pengaruh budaya organisasi sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen konflik terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri se-kabupaten tulungagung / Dini Gita Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen konflik terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri se-kabupaten tulungagung / Dini Gita Setyaningrum

Setyaningrum, Dini Gita Setyaningrum (2022) Pengaruh budaya organisasi sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen konflik terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri se-kabupaten tulungagung / Dini Gita Setyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kemampuan pada sumber daya manusia yang berkualitas dapat diciptakan melalui sekolah dan proses yang handal. Guru memiliki peran yang penting dalam keberhasilan sebuah pendidikan yang mana seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan kinerjanya dalam pembelajaran. Faktor budaya organisasi sekolah juga mempengaruhi kinerja guru yang mana budaya organisasi merupakan nilai norma dan pandangan yang menjadi dasar berjalannya organisasi. Peran kepemimpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi keefektifan sekolah. Termasuk pengelolaan manajemen konflik agar guru dapat meningkatkan kinerjanya dan pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan jenis budaya organisasi yang berkembang di SD Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (3) Mendeskripsikan manajemen konflik di SD Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (4) Mendeskripsikan kinerja guru sebagai tenaga pendidik di SD Negeri Se-Kabupaten Tulungagung (5) Mengetahui pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung (6) Mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung (7) Mengetahui pengaruh manajemen konflik terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung dan (8) Mengetahui pengaruh secara simultan budaya organisasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen konflik terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat dekriptif korelasional/regression design. Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu variabael bebasnya budaya organisasi sekolah (X1) kepemimpinan transformasional (X2) manajemen konflik (X3) sedangkan variabel terikatnya kinerja guru (Y). Populasi penelitian ini adalah guru di SD Negeri Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 3.194 guru. Kemudian jumlah sampel penelitian ini adalah 247 responden yang diambil menggunakan teknik cluster propotional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan pelaksanaan pengumpulan pengolahan dan pelaporan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan Analysis of Moment Structure (AMOS) Versi 24 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut (1) Budaya organisasi di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung tergolong tinggi sebesar 75% berdasarkan nilai mean (rata-ata) 145 96 (2) Kepemimpinan transformasional di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung tergolong tinggi sebesar 48% berdasarkan nilai mean (rata-ata) 114 62 (3) Manajemen konflik di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung tergolong tinggi sebesar 69% berdasarkan nilai mean (rata-ata) 99 57 (4) Kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung tergolong tinggi sebesar 74% berdasarkan nilai mean (rata-ata) 79 26 (5) Terdapat pengaruh secara signifikan antara budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung dengan nilai koefisien direct effect szlig 0.208 (6) Terdapat pengaruh secara signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung dengan nilai koefisien direct effect szlig 0.222 (7) Terdapat pengaruh secara signifikan antara manajemen konflik terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung dengan nilai koefisien direct effect szlig 0.374 dan (8) Terdapat pengaruh secara simultan antara budaya organisasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan manajemen konflik terhadap kinerja guru di SD Negeri Se-Kabupaten Tulunggung dengan nilai koefisien direct effect szlig 0.232. Berkaitan dengan hasil dari temuan pada penelitian ini untuk diberikan saran kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung dapat dijadikan sebagai bahan rujukan atau masukan guna dalam pengambilan kebijakan untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerjanya (2) Kepala Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tulungagung dapat menganggap temuan dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan rujukan atau masukan dalam pengambilan keputusan tentang pemberdayaan budaya organisasi keefektifan kepemimpinan transformasional dan pengelolaan manajemen konflik dalam rangka mamberikan pembinaan guru guna upaya meningkatkan kinerjanya dalam pembelajaran (3) Guru SD Negeri Kabupaten Tulungagung dapat menganggap temuan dari penelitian ini diharapkan mempertahankan kinerja guru yang sudah baik dapat terus membangun budaya organisasi di sekolah sehingga tetap terjaga dengan baik kepemimpinan transformasional dan penerapan manajemen konflik yang dilakukan kepala sekolah dapat mendorong guru untuk meningkatkan kinerja khususnya dalam pembelajaran dan (4) Bagi peneliti lain sebagai bahan referensi yang melaksanakan penelitian dengan tema yang sama sehingga dapat mengembangkan model teoritis baru dalam merancang penelitian terkait budaya organisasi sekolah kepemimpinan transformasional manajemen konflik dapat ditambahkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan kinerja guru. Penelitian tentang kinerja guru dapat dibandingkan jenjang pendidikan lainnya dan indikator dapat ditinjau ulang menyesuaikan dengan kondisi sekolah atau objek yang diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271662

Actions (login required)

View Item View Item