Optimasi metallic catalytic converter terhadap emisi gas buang dan performa mesin menggunakan artificial neural network dan multi-objective genetic algorithm / Sudirman Rizki Ariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi metallic catalytic converter terhadap emisi gas buang dan performa mesin menggunakan artificial neural network dan multi-objective genetic algorithm / Sudirman Rizki Ariyanto

Ariyanto, Sudirman Rizki (2022) Optimasi metallic catalytic converter terhadap emisi gas buang dan performa mesin menggunakan artificial neural network dan multi-objective genetic algorithm / Sudirman Rizki Ariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metallic Catalytic Converter (MCC) telah berkembang menjadi salah satu teknologi after treatment yang banyak digunakan untuk mengkonversi gas hasil pembakaran agar menjadi lebih ramah lingkungan. Teknologi MCC yang saat ini banyak digunakan umumnya berasal dari kelompok material platinum-group metals (PGM) dimana kemampuannya dalam menurunkan emisi gas buang mencapai 99%. Sayangnya harga PGM yang mahal dan desainnya yang build up membuat harga MCC menjadi mahal karena harus membeli satu set dengan knalpotnya. Dari permasalahan tersebut logam transisi diusulkan sebagai salah satu alternatif bahan dasar MCC. Namun dari beberapa penelitian MCC logam transisi yang telah dilakukan masih belum diketahui bahan dan konfigurasi MCC yang paling efisien dan optimum. Oleh karena itu dalam penelitian ini metode optimasi Artificial Neural Network dan Multi-Objective Genetic Algorithm (ANN-MOGA) digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut. Metode ini terdiri dari dua bagian yakni ANN yang digunakan untuk sebagai model pengganti sedangkan MOGA digunakan sebagai mesin pencari desain terbaik dari MCC dengan dua atau lebih objective. Setelah desain optimum hasil ANN-MOGA didapatkan maka dilanjutkan dengan tahap verifikasi secara eksperimental skala laboratorium dengan menggunakan tiga jenis kendaraan yang mewakili jenis sport matic dan moped. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa MCC STD LM dan MCC optimum design masuk kelompok elit yang tidak saling mengungguli. MCC optimum design unggul 12% dalam menurunkan emisi CO sedangkan MCC STD LM unggul 16% dalam meningkatkan daya kendaraan. MCC optimum design cenderung lebih bagus dalam menurunkan emisi CO dikarenakan memiliki luas permukaan yang relatif lebih besar dibandingkan MCC STD LM. Sementara itu MCC STD LM cenderung memiliki daya yang lebih besar karena dari sudut inlet dan outlet casing yang relatif lebih landai. Hal ini tentunya dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penurunan daya kendaraan akibat adanya tekanan balik gas buang yang masuk ke ruang bakar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: ?? MTME ??
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271655

Actions (login required)

View Item View Item