Peranan literasi digital dalam keberlanjutan usaha pedagang pakaian di Pasar Butung Kota Makassar / Nurfadilah Karim - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan literasi digital dalam keberlanjutan usaha pedagang pakaian di Pasar Butung Kota Makassar / Nurfadilah Karim

Karim, Nurfadilah Karim (2022) Peranan literasi digital dalam keberlanjutan usaha pedagang pakaian di Pasar Butung Kota Makassar / Nurfadilah Karim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar rentan terhadap potensi resiko penyebaran covid-19 sehingga sebagian konsumen memutuskan untuk berbelanja secara online sehingga aktivitas jual beli dipasar tidak berjalan lancer kondisi pasar yang berbeda karena pengunjung yang berkurang sehingga para pedagang mengalami penurunan pendapatan yang tentunya akan berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha. Dengan adanya pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah sehingga banyak masyarakat yang terkena dampak salah satunya adalah pedagang pakaian yang berada di pasar butung kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam dengan melalui proses pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data Semiotik. Subjek penelitian ini adalah pedagang pakaian yang menggunakan media digital dalam pemasaran. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Kemampuan para pedagang pakaian dalam menemukan kelebihan menggunakan media digital sudah sangat baik dengan menjadikan sebuah peluang yang baru untuk meningkatkan jumlah penjualan yang tidak hanya berfokus pada penjualan langsung (offline) tetapi juga pada penjualan online. Pedagang pakaian di pasar butung Makassar sudah mampu memanfaatkan media sosial sebagai penunjang untuk keberlanjutan usaha dengan memberikan kemudahan dalam transaksi jual beli yang dilakukan dan dapat menstabilkan penjualan. Para pedagang pakaian di pasar butung Makassar yang melakukan pemasaran melalui media sosial juga sudah memberlakukan aturan tersendiri serta dapat menelusuri informasi untuk mencari trend apa yang sekarang berkembang kemudian bisa di terapkan dalam usahanya dan melakukan evaluasi untuk meminimalisir segala faktor penghambat dan pendorong penggunaan media digital. Kepada peneliti lain yang konsen terhadap literasi digital khususnya pedagang pakaian perlu memperluas pendalaman terkait bagaimana konten yang identik dilakukan terhadap pelaku usaha skala besar apakah keberlanjutan usahanya juga didukung oleh peran literasi digital dalam pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271635

Actions (login required)

View Item View Item