Ekstraksi stronsium (sr2+) pada air laut menggunakan adsorben nanokomposit fe3o4/mno2/ah / Ferdy Nanlohy - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekstraksi stronsium (sr2+) pada air laut menggunakan adsorben nanokomposit fe3o4/mno2/ah / Ferdy Nanlohy

Nanlohy, Ferdy Nanlohy (2021) Ekstraksi stronsium (sr2+) pada air laut menggunakan adsorben nanokomposit fe3o4/mno2/ah / Ferdy Nanlohy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menipisnya sumber daya mineral di darat menjadi masalah karena meningkatnya kebutuhan stronsium dalam bidang industri. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya eksplorasi terhadap sumber daya stronsium dengan cara eksplorasi Sr2 dalam air laut. Konsentrasi Sr2 yang rendah di air laut menyebabkan Sr2 sangat sulit di-recovery dan dipisahkan dari mineral lain. Adsorpsi merupakan salah satu metode untuk mengekstraksi elemen dengan konsentrasi rendah dari air laut. Selain itu adsorpsi memiliki beberapa keunggulan yaitu efisiensi tinggi selektivitas tinggi biaya rendah dan prosesnya sederhana dalam penerapannya dengan menghasilkan sedikit produksi limbah kimia. Pengembangan adsorben yang selektif mudah diregenerasi serta memiliki tingkat efisiensi adsorpsi desorpsi dan ekstraksi yang tinggi menjadi keberhasilan ekstraksi Sr2 dari air laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan adsorben Sr2 dengan menggunakan nanokomposit Fe3O4/MnO2/Asam Humat (AH). MnO2 digunakan melapisi Fe3O shy 4 untuk meningkatkan luas permukaan mencegah terjadinya aglomerasi dan mencegah degradasi Fe3O4 pada kondisi asam. Selanjutnya nanokomposit Fe3O4/MnO2 dilapisi dengan AH untuk meningkatkan afinitas reaktivitas dan kompatibilitas. AH memiliki kapasitas adsorpsi yang baik untuk berbagai jenis logam karena adanya gugus alkil dan aromatik yang dilekatkan oleh asam karboksilat fenol hidroksil dan gugus kuinon sehingga dapat menyediakan lebih banyak situs adsorpsi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) ekstraksi dan pemurnian AH (2) sintesis nanopartikel Fe3O4 menggunakan metode kopresipitasi (3) sintesis nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH menggunakan metode kopresipitasi sonikimia. Selanjutnya (4) karakterisasi AH nanopartikel Fe3O4 dan nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH menggunakan FTIR XRD SEM-EDX VSM dan BET-BJH. Pada tahap (5) dilakukan eksperimen adsorpsi Sr2 oleh nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH (6) eksperimen adsorpsi-desorpsi Sr2 dan penggunaan kembali nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH dan (7) eksperimen ekstraksi Sr2 dari air laut dengan nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH. Hasil karakterisasi menggunakan FTIR XRD SEM-EDX VSM dan BET-BJH menunjukkan bahwa ekstraksi AH sintesis nanopartikel Fe3O4 dan nanokomposit Fe3O4/MnO2/AH telah berhasil dilakukan. Kondisi optimum adsorpsi Sr2 oleh nanokomposit yaitu massa adsorben 0 4 g pH 10 dan waktu kontak 24 jam. Adsorpsi Sr2 oleh nanokomposit mengikuti model Pseudo-second order. Proses adsorpsi Sr2 oleh nanokomposit terjadi secara eksotermik spontan dan merupakan adsorpsi fisik. Efisiensi adsorpsi (EA) sebesar 99%. Efisiensi desorpsi (ED) pada siklus I sebesar 95 13% dan menurun pada siklus berikutnya. Dalam sampel air laut nanokomposit menunjukkan efisiensi ekstraksi (EE) Sr2 50 54% dari hasil konsentrasi awalnya 6 43 mg/L pada pH 6 8. Nanokomposit menunjukkan tingkat EE sebesar 62 52% pada pH 10.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271625

Actions (login required)

View Item View Item