Pengembangan nanokomposit mnxfe3-xo4/mwcnt/zno untuk aplikasi adsorpsi logam berat pb / Aisyah Nur Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan nanokomposit mnxfe3-xo4/mwcnt/zno untuk aplikasi adsorpsi logam berat pb / Aisyah Nur Hasanah

Hasanah, Aisyah Nur (2022) Pengembangan nanokomposit mnxfe3-xo4/mwcnt/zno untuk aplikasi adsorpsi logam berat pb / Aisyah Nur Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasanah Aisyah Nur. 2022. Pengembangan Nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO untuk Aplikasi Adsorpsi Logam Berat Pb. Tesis Program Studi Magister Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ahmad Taufiq S.Pd. M.Si. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Peningkatan pencemaran air yang diakibatkan oleh limbah cair merupakan salah satu masalah global saat ini. Logam berat merupakan salah satu jenis material yang banyak terkandung dalam limbah cair yang sangat berbahaya baik untuk kesehatan manusia maupun lingkungan contohnya seperti timbal (Pb). Oleh karena itu penelitian mengenai metode pemisahan logam berat Pb dari limbah cair sangat diperlukan. Salah satu metode yang banyak digunakan untuk pemisahan logam berat dari limbah cair yaitu metode adsorpsi. Material yang banyak digunakan sebagai material adsorpsi adalah material nano oksida sehingga dalam penelitian ini dipilih nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO sebagai penyerap logam Pb. Selain itu dilakukan pula variasi fraksi molar Mn (x 0 0 25 0 5 0 75 1). Nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO disintensis menggunakan metode kopresipitasi dan sol-gel. Nanokomposit dikarakterisasi menggunakan XRD FTIR SEM UV-Vis serta AAS. Berdasarkan hasil uji XRD diketahui bahwa penambahan doping Mn mengakibatkan pergeseran puncak difraksi pada fase Fe3O4. Selain itu tidak terbentuknya fase baru menandakan bahwa doping yang telah dilakukan berhasil. Hasil uji FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi Mn-O yang tumpang tindih dengan serapan Fe-O pada situs tetrahedral pada rentang bilangan gelombang 670 ndash 675 cm-1 yang menandakan spinel MnxFe3-xO4. Selain itu pada rentang bilangan gelombang 400 ndash 700 cm-1 terjadi penurunan penyerapan yang menunjukkan adanya degenerasi pada spinel normal yang diakibatkan oleh adanya kation Mn2 pada sub kisi tetrahedral. Hasil uji SEM menunjukkan nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO memiliki morofologi berbentuk spherical yang merujuk pada MnxFe3-xO4 dan ZnO menutupi permukaan material berbentuk batang yang merepresentasikan MWCNT. Nanokomposit juga mengalami penurunan aglomerasi seiring dengan penambahan doping Mn2 dengan distribusi ukuran partikel berada pada rentang 45 33 ndash 46 18 nm. Lebih lanjut nilai band gap nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO juga mengalami kenaikan dengan adanya penambahan doping yang bekisar pada rentang 2 706 ndash 3 025 eV. Di samping itu pengujian AAS menunjukkan bahwa penambahan doping Mn dapat meningkatkan efesiensi adsorpsi nanokomposit MnxFe3-xO4/MWCNT/ZnO mencapai 99 93% sehingga berpotensi sebagai material penyerap logam berat Pb.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271602

Actions (login required)

View Item View Item