Ferofluida mangan ferit berbasis surfaktan air kelapa untuk aplikasi sensor suhu / Dini Frihanderi Aprita - Repositori Universitas Negeri Malang

Ferofluida mangan ferit berbasis surfaktan air kelapa untuk aplikasi sensor suhu / Dini Frihanderi Aprita

Aprita, Dini Frihanderi (2022) Ferofluida mangan ferit berbasis surfaktan air kelapa untuk aplikasi sensor suhu / Dini Frihanderi Aprita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sensor suhu merupakan perangkat penting bagi manusia dalam mendeteksi berbagai keadaan seperti mengukur suhu badan dan pendeteksi kebakaran. Oleh sebab itu perlu dikembangkan sensor suhu yang memiliki sensitivitas tinggi stabil ringan dan akurat. Salah satu material yang dapat digunakan sebagai sensor suhu adalah ferofluida dengan filler Fe3O4 karena kestabilan dan respon magnet yang tinggi. Namun sayangnya filler Fe3O4 mudah teraglomerasi dan teroksidasi. Salah satu alternatif untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan melakukan doping Mn menjadi mangan ferrite sehingga performa sensor suhu dapat optimal. Selanjutnya untuk mengurangi aglomerasi juga dapat diatasi dengan penambahan surfaktan seperti air kelapa yang dapat bertindak sebagai pelapis permukaan partikel nano magnetik sehingga dapat mendukung performa sensor suhu. Mangan ferit disintesis menggunakan metode kopresipitasi dan ditambahkan air kelapa untuk dijadikan partikel nano mangan ferit berbasis surfaktan air kelapa. Kemudian mangan ferit dilapisi dengan Tetramethyl Ammonium Hydroxide (TMAH) dan aquades untuk membuat ferofluida. Variasi yang digunakan pada penelitian ini adalah volume air kelapa sebesar 0 - 5 ml. Serbuk mangan ferit telah dilakukan uji XRD SEM FTIR dan UV Vis dan ferofluida diuji sifat termal untuk mengetahui struktur morfologi gugus fungsi sifat optik serta dapat digunakan untuk mendeteksi pengaplikasian sensor suhu. Analisis pola XRD partikel mangan ferit menunjukkan struktur kubik spinel invers. Hasil analisis SEM dengan peningkatan volume air kelapa menunjukkan bahwa partikel berbentuk sferis yang cenderung teraglomerasi dengan ukuran partikel berkisar 30 ndash 90 nm. Selanjutnya gugus fungsi hasil analisis FTIR rentang 4000 ndash 400 cm-1 menunjukkan gugus fungsi Fe-O C-O dan O-H sebagai karakteristik surfaktan air kelapa. Pengujian UV-Vis menunjukkan bahwa ferrofluida menunjukkan serapan pada panjang gelombang 300 nm dan nilai band gap sebesar 1 5 eV. Karakteristik ferofluida sebagai sensor suhu menunjukkan bahwa masing-masing sampel dapat mendeteksi suhu dari rentang 60 - 80 deg C dan mengalami kenaikan intensitas laser. Seiring penambahan air kelapa nilai intensitas bervariasi dan dapat diaplikasikan sebagai sensor suhu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271600

Actions (login required)

View Item View Item