Feedback to feedforward: studi kasus dalam keterampilan menulis pada pembelajar bahasa jerman. / Anita Putri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Feedback to feedforward: studi kasus dalam keterampilan menulis pada pembelajar bahasa jerman. / Anita Putri Wulandari

Wulandari, Anita Putri (2022) Feedback to feedforward: studi kasus dalam keterampilan menulis pada pembelajar bahasa jerman. / Anita Putri Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan bentuk-bentuk feedback (minimales feedback beschreibendes feedback dan interaktives feedback) yang dilakukan pendidik untuk pembelajar dan menjabarkan feedforward pembelajar terhadap bentuk-bentuk feedback yang diberikan oleh pendidik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2018 pada matakuliah Aufsatz I. Data dalam penelitian ini berupa (1) data tulis yaitu feedback atau catatan pendidik yang diberikan pada tugas mahasiswa (2) data lisan yaitu feedback lisan dari pendidik dan feedforward dari mahasiswa dan (3) data wawancara yang merupakan bentuk konfirmasi mengenai respons dan tindak lanjut mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidik menggunakan tiga indikator minimales Feedback untuk dapat memberikan umpan balik kepada pembelajar yakni dengan gerakan menggeleng atau menganggukkan kepala mimik dan bahasa tubuh dan respons singkat. Kesalahan-kesalaan yang dilakukan oleh pembelajar diberi umpan balik tertulis (beschreibendes Feedback) oleh pendidik dan pembelajar dengan cara penandaan pada kata frasa atau kalimat yang salah. Selama interaktives Feedback berlangsung tidak semua pembelajar berpartisipasi aktif sehingga pendidik perlu menstimulasi dan memotivasi pembelajar agar memberikan umpan balik. Berdasarkan temuan penelitian ditunjukkan bahwa terdapat mahasiswa yang masih melakukan kesalahan atau tidak melakukan Feedforward terhadap feedback dari pendidik. Hal tersebut tampak dari hasil karangan mahasiswa yang masih terdapat kesalahan yang sama. Berdasarkan hasil wawancara terdapat alasan-alasan mahasiswa yang masih melakukan kesalahan antara lain (1) mahasiswa merasa tidak percaya diri untuk bertanya kepada dosen mengenai maksud dari feedback (2) mahasiswa menyadari bahwa penguasaan tatabahasa dan kosakata yang kurang sehingga hal tersebut menyulitkannya dalam pemahaman umpan balik (3) mahasiswa masih bingung dan merasa umpan balik terlalu rumit (4) umpan balik berupa tanda merupakan alasan kesulitan yang dialami karena terdapat kemungkinan yang berbeda dari pemahaman mahasiswa dalam memaknai tanda yang diberikan pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271580

Actions (login required)

View Item View Item