Pemerolehan bahasa inggris sebagai bahasa kedua pelajar madrasah aliyah negeri berdasarkan processability theory / Ahmad Syafi'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemerolehan bahasa inggris sebagai bahasa kedua pelajar madrasah aliyah negeri berdasarkan processability theory / Ahmad Syafi'i

Syafi'i, Ahmad (2022) Pemerolehan bahasa inggris sebagai bahasa kedua pelajar madrasah aliyah negeri berdasarkan processability theory / Ahmad Syafi'i. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafi rsquo i Ahmad 2022. Pemerolehan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Pelajar Madrasah Aliyah Negeri Berdasarkan Processability Theory. Tesis Pascasarjana S2 Keguruan Bahasa Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Herri Akhmad Bukhori MA. M.Hum. Pembimbing II Dr. Rizman M.Pd. Kata Kunci Pemerolehan Bahasa Kedua Bahasa Inggris Processability Theory. Tingkat pemerolehan bahasa kedua (B2) merupakan salah satu parameter keberhasilan penyerapan pelajaran yang telah disampaikan. Bagi pengajar bahasa Inggris ketidakpahaman atas aspek-aspek pemerolehan bahasa Inggris sebagai B2 dapat menyebabkan kesulitan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang tepat kepada pelajar. Bahasa Inggris bagi pelajar madrasah aliah negeri (MAN) atau sederajat merupakan hal yang sangat krusial agar dapat dikuasai dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengungkap pemerolehan bahasa Inggris pelajar MAN berdasarkan enam tahapan processability theory dan bertujuan mengungkap kendala pemerolehan bahasa Inggris pelajar MAN. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang pemerolehan bahasa Inggris pelajar. Adapun sumber data dikumpulkan dari hasil keterampilan menulis bahasa Inggris pelajar sebagai data utama dan hasil wawancara dengan guru pengampu bidang studi bahasa Inggris sebagai data pendukung. Processability theory mendukung enam tahap pemerolehan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yaitu (1) word/lemma (2) category procedure (3) phrasal procedure (4) VP-procedure (5) S-procedure dan (6) subordinate-clause procedure. Hasil penelitian ini menunjukkan pemerolehan bahasa Inggris dari 20 partisipan telah melewati tahap 1 tahap 2 mampu dilewati oleh 19 pelajar tahap 3 merupakan tahap yang rata-rata pelajar mampu mencapainya berjumlah 15 pelajar tahap 4 mampu dicapai oleh 8 pelajar dan hanya 4 pelajar yang mampu mencapai tahap 5. Untuk tahap 6 oleh karena tidak cukup konteks yang dihasilkan pelajar sehingga tidak dapat ditentukan apakah pelajar dapat mencapai tahap ini. Kendala yang banyak dialami oleh partisipan dalam pemerolehan bahasa Inggris (1) pelajar lebih mengutamakan makna/terjemahan dari B1 ke B2 (2) banyak pelajar yang belum mampu menguasai penyesuaian informasi gramatikal dengan baik (3) perbedaan konstruksi B1 dan B2 mempengaruhi pelajar dalam membuat keterampilan menulis bahasa Inggris (4) gangguan input bahasa Inggris karena ketidakefektifkan kegiatan pembelajaran selama Covid 19 berlangsung. Penelitian selanjutnya diharapkan mengidentifikasi pemerolehan bahasa Inggris berupa bahasa lisan sebagai sumber data pada subjek yang sama untuk melengkapi penelitian ini. dan fitur yang lebih luas diperlukan untuk melengkapi penelitian tentang PT di Indonesia yang memiliki beragam bahasa pertama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271571

Actions (login required)

View Item View Item