Pengembangan immersive learning berbasis Natural User Interface (NUI) pada materi pembelajaran tenis meja untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor / Afif Rois Yusro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan immersive learning berbasis Natural User Interface (NUI) pada materi pembelajaran tenis meja untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor / Afif Rois Yusro

Yusro, Afif Rois (2022) Pengembangan immersive learning berbasis Natural User Interface (NUI) pada materi pembelajaran tenis meja untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor / Afif Rois Yusro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan teori yang dipakai adalah pembelajar Immersive Learning dengan berbasis Natural User Interface. Dengan adanya pembelajaran Immersive Learning diharapkan akan membantu siswa untuk berlatih tenis meja tanpa keterbatasan alat ruang dan waktu karena pembelajaran Immersive Learning ini menekankan pembelajran yang bersifat dunia virtual dengan bantuan kamera Kinect dari Xbox 360 sehingga seolah-olah siswa dapat merasakan langsung praktik pembelajaran tenis meja tanpa adanya keterbatasan alat seperti meja bet net dan menghemat ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi kesan baru dalam permainan tenis meja dengan memberikan kesan modern dengan adanya teknologi yang diberikan melalui Immersive Learning Berbasis Natural User Interface (NUI). Selain itu untuk mempermudah penilaian matapelajaran olah raga khususnya materi tenis meja karena pada prakteknya penilaian ranah psikomotor. Pada prakteknya dilapangan guru hanya mengukur kemampuan psikomotor peserta didik secara kira-kira saat proses pembelajaran berlangsung tanpa dibuat indikator yang jelas sehingga tujuan dari kegiatan praktikum menurut kompetensi dasarnya dalam kurikulum. Sehingga mengakibatkan subjektivitas yang bias dan tidak menguntungkan pada peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan membantu peserta didik mengetahui tingkat objektivitas dalam mempelajari gerakan dasar tenis meja dengan model pengembangan Lee amp Owens. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas X SMKN 1 Pasirian sebanyak 10 siswa. Hasil pengembangan yang sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi mendapat kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji coba aplikasi Immersive Learning ditentukan dengan melihat hasil dari ujicoba perseorangan dengan hasil skor sebesar 97 5% dan uji lapangan dengan hasil skor 95 5%. Hasil ini menunjukan pembelajaran Immersive Learning tenis meja dinyatakan cukup efektif pada meningkatan hasil belajar psikomotor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271570

Actions (login required)

View Item View Item