Desain pelatihan dan pembelajaran literasi informasi berbasis model i-learn untuk memfasilitasi mahasiswa belajar dari lingkungan yang kaya informasi / Donatus Dole - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain pelatihan dan pembelajaran literasi informasi berbasis model i-learn untuk memfasilitasi mahasiswa belajar dari lingkungan yang kaya informasi / Donatus Dole

Dole, Donatus (2022) Desain pelatihan dan pembelajaran literasi informasi berbasis model i-learn untuk memfasilitasi mahasiswa belajar dari lingkungan yang kaya informasi / Donatus Dole. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dole Donatus. 2022. Desain Pelatihan dan Pembelajaran Literasi Informasi Untuk Memfasilitasi Mahasiwa Belajara Dari Lingkungan Yang Kaya Informasi. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Saida Ulfa ST. M.Edu. Ph D (II) Dr. Yerry Soepriyanto S.T. M.T Kata Kunci Literasi Informasi Model I-LEARN Lingkungan Yang Kaya Informasi Kehidupan manusia akan selalu berubah baik secara perlahan maupun secara pesat. Keduanya antara revolusi dan evolusi terus-menerus menandai sejarah manusia sejak 13 5 miliar tahun lalu hingga akhir seperempat masa di awal abad dua puluh satu ini mengiringi perkembangan manusia. Tiap masa ditandai dengan peristiwa dan kemajuan khusus dengan manusia menjadi makhluk penyaksi tunggal dan penikmat masa demi masa. Sejalan dengan itu informasi pun semakin hari semakin bertambah. Guru dan pegiat bidang pendidikan literasi informasi Michael B. Eisenberg menegaskan bahwa ldquo Penelitian bukan hanya tentang menemukan dan bukan juga tentang mengumpulkan sejumlah besar sumber daya yang diperlukan melainkan hendaknya dimaknai sebagai suatu proses yang berfokus pada segala sesuatu yang membentuk proses penelitian rdquo . Menurutnya literasi informasi seharusnya menjadi bagian penting dalam setiap percakapan kita setiap hari baik pada bidang pendidikan bisnis pemerintahan maupun dalam masyarakat secara luas. Dalam bidang pendidikan seorang peneliti dituntut tidak hanya memiliki kemampuan menemukan dan mengumpulkan sejumlah besar informasi melainkan juga harus memfokuskan diri pada proses penelitian tersebut dihasilkan. Berdasarkan pentingnya literasi informasi tersebut bahwa keahlian dalam bidang literasi informasi merupakan suatu keahlian di abad 21 yang dibanjiri berbagai bentuk informasi maka diperlukanlah suatu bahan ajar dan desain pelatihan literasi informasi yang akan diterapkan kepada mahasiswa di Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan Samarinda. Hal-hal mendasar yang peneliti lihat sebagai yang perlu diberikan kepada mahasiswa adalah tentang bagaimana memberikan pendidikan dalam bidang literasi informasi dan perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang semakin hari semakin menuju ke tingkat yang lebih kompleks dan menantang untuk diikuti. Lebih jauh para mahasiswa dapat menggunakan keahlian mereka tentang literasi informasi itu dalam jalur pendidikan sebagai seorang mahasiswa yang akan menyusun karya tulis ilmiah dan kelak dalam praktek kehidupan dalam masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan konsep dasar penelitian pengembangan serta ADDIE model dipilih sebagai panduan pengembangannya. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket tanggapan kepada masing-masing validator/penanggap. Sedangkan dalam ulasan atau analisis datanya peneliti menggunakan metode deskpriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Desain pelatihan literasi informasi dinyatakan valid (2) Bahan ajar literasi informasi juga dinyakan valid. Dengan demikian desain pelatihan dan pembelajaran literasi informasi ini dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni tahap implementasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271568

Actions (login required)

View Item View Item