Pengambangan modul adaptif untuk melayani keanekaragaman gaya belajar secara joyful learning berbasis universal design for learning / Muhamad Hisam Murtadho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengambangan modul adaptif untuk melayani keanekaragaman gaya belajar secara joyful learning berbasis universal design for learning / Muhamad Hisam Murtadho

Murtadho, Muhamad Hisam (2022) Pengambangan modul adaptif untuk melayani keanekaragaman gaya belajar secara joyful learning berbasis universal design for learning / Muhamad Hisam Murtadho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring kemajuan teknologi dan pengetahuan dunia pendidikan telah mengalami banyak perubahan dari penerapan pembelajaran menggunakan lingkungan belajar yang tradisional hingga sekarang pembelajaran berbasis komputer. Menurut (Adams 2004) mengatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu disebut dengan Computer Based Learning (CBL). Pada penerapan pembelajaran sejarah periode klasik Hindu-Budha di Indonesia tingkat SMA di kelas X sering menemui beberapa permasalahan. Seringkali pebelajar merasa tidak nyaman dan enggan untuk mempelajari sejarah. Timbulnya rasa tidak nyaman pada saat belajar disebabkan kurangnya media dan metode pembelajaran yang efektif (Amirudin amp Suryadi 2016). Media dan metode pembelajaran yang digunakan tidak mampu untuk memfasilitasi kebutuhan pebelajar seperti kebutuhan mengenai gaya belajar. Penggunaan media dan metode pembelajaran yang digunakan secara dominan hanya memfasilitasi satu gaya belajar saja sedangkan pebelajar satu dengan yang lain mempunyai gaya belajar yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan modul adaptif yang disajikan secara joyful learning untuk melayani keanekaragaman gaya belajar berbasis universal design for learning. Hasilnya yaitu modul berupa web yang dapat menyediakan opsi penyajian materi sesuai dengan kebutuhan dan kemauan pebelajar (adaptif). Untuk mengakses modul adaptif tersebut dibutuhkan koneksi internet modul adaptif juga dapat dioperasikan melalui gadget atau komputer sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi dalam memanfaatkan modul adaptif direkomendasikan menggunakan perangkat komputer karena akan mempengaruhi tampilan dari modul adaptif yang terhadap kenyamanan penggunaan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Lee amp Owens (2004) yang mempunyai tahapan yaitu (1) Tahap Analisis yang terdiri dari Analisis Kebutuhan dan Analisis Awal (2) Tahap Desain (3) Tahap Pengembangan (4) Implementasi Media (5) Tahap Evaluasi. Terdapat beberapa perbaikan pada modul adpatif yang telah dikembangkan. Berdasarkan tanggapan dari ahli media perlu dicantumkan sumber pada konten gambar. Kemudian saran dari ahli materi yaitu perlu perbaikan pada judul modul agar muatan materi pada modul adpatif tercermin pada judul yang digunakan penambahan pada pembahasan materi juga dilakukan sepertu penambahan bukti-bukti sejarah wilayah kekuasaan dari sebuah kerajaan-kerajaan dll. Selain itu terdapat beberapa hal yang menjadi catatan pada saat uji coba lapangan seperti sulitnya akses modul adaptif yang disebabkan ejaan alamat URL modul adaptif acak sehingga pengguna harus mengetik alamatnya secara manual. Modul adaptif mendapatkan kategori layak dalam segi materi (75%) sedangkan dari segi media mendapatkan kategori layak (99%). Selanjutnya untuk membuktikan bahwa modul adaptif yang dikembangkan dapat melayani keanekaragaman gaya belajar dilakukan analisis SWOT terhadap hasil wawancara. Hasilnya saat pebelajar belajar menggunakan modul adaptif tersebut pebelajar merasa nyaman dan senang karena modul adaptif menyediakan opsi penyajian materi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pebelajar. Dengan modul adaptif pebelajar dapat mendalami materi lebih muda karena modul menyediakan akses tersendiri untuk mendalami materi. Hasil analisis tersebut juga menunjukkan bahwa modul adaptif dapat menjadi sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran karena media pembelajaran yang menyediakan preferensi mempunyai pencapaian skor yang tinggi seperti yang dijelaskan dalam penelitian Surjono (2015).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271566

Actions (login required)

View Item View Item