Pengembangan mobile game based learning untuk pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini / Devie Yunita Filiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile game based learning untuk pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini / Devie Yunita Filiyanti

Filiyanti, Devie Yunita (2022) Pengembangan mobile game based learning untuk pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini / Devie Yunita Filiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak usia dini sering disebut sebagai masa golden age atau potensi terbesar atau waktu terbaik untuk belajar dan berkembang. Jika periode ini tidak terlalu berhasil dapat mempengaruhi tahap perkembangan selanjutnya. Anak usia dini juga mempunyai keunikan yang dapat dilihat dari cara belajarnya. Pembelajaran bahasa inggris dalam anak usia dini juga harus ditanamkan sejak dini sebagai keterampilan berbahasa agar anak dapat bersaing di dunia global. Hal ini juga harus didukung oleh guru agar kreatif dan inovatif dalam mengajar bahasa inggris sehingga anak dapat cepat memahami pelajaran tersebut. Salah satunya yang dapat guru terapkan adalah memberikan pembelajaran menggunakan game. Pandemi virus Covid-19 sedang terjadi saat ini. Salah satu kebijakan oleh pemerintah adalah kegiatan belajar tatap muka akan ditiadakan. Namun kegiatan pembelajaran masih berlangsung dan guru menggunakan metode pembelajaran online yang menggunakan teknologi sebagai perantara. Situasi pandemi ini memaksa para guru untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif termasuk kegiatan pembelajaran bahasa inggris. Guru membuat tugas melalui aplikasi WhatsApp atau Zoom. Hal ini dapat menimbulkan kebosanan anak jika mereka terus-menerus dibebani dengan tugas yang tidak menarik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran pengenalan bahasa inggris yang sesuai dengan perkembangan teknologi kebutuhan pembelajaran dan karakter anak usia dini. Hasilnya adalah mobile game based learning pengenalan bahasa inggris yang disesuaikan dengan salah satu kebutuhan pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun dengan perangkat teknologi berupa gadget selain itu juga dapat digunakan untuk pembelajaran online atau di luar sekolah kemudian media disesuaikan dengan karakter anak senang bermain dengan memberikan permainan-permainan untuk belajar belajar bahasa Inggris sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Lee amp Owen (2004) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1)Tahap Analisis (2)Tahap Desain (3)Tahap Pengembangan (4)Tahap Implementasi dan (5) Tahap Evaluasi. Produk dilakukan validasi oleh ahli kemudian dilanjutkan uji coba terhadap pengguna. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Mobile Game Based Learning Untuk Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini sebesar 93 75% pada ahli media dan ahli materi sebesar 86 25%. Adapun persentase kelayakan produk dalam ujicoba perorangan sebesar 95 62% dan persentase kelompok kecil sebanyak 96 66%. Hasil tersebut berada pada kategori A dengan persentase 76% - 100% yang berarti masuk dalam kriteria valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran pengenalan bahasa inggris untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271563

Actions (login required)

View Item View Item