Efektifitas pemanfaatan learning management system dalam perspektif orang tua pada pendidikan vokasi / Haryo Guntoro Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pemanfaatan learning management system dalam perspektif orang tua pada pendidikan vokasi / Haryo Guntoro Wicaksono

Wicaksono, Haryo Guntoro (2021) Efektifitas pemanfaatan learning management system dalam perspektif orang tua pada pendidikan vokasi / Haryo Guntoro Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pendidikan anak di sekolah partisipasi orang tua diyakini berdampak positif terhadap kerja sama antara orang tua dengan sekolah dalah hal pendidikan anaknya. Dapat dikatakan bahwa dalam segala tingaktan pendidikan suku bangsa dan budaya baik dalam kinerja akademis maupun non akademis partisipasi orang tua memberikan dampak yang positif. Di masa pandemi COVID-19 wali berperan ganda yang pertama mengajarkan anak-anak tentang pandemi COVID-19 dan yang kedua adalah penguasaan tentang teknologi untuk membantu anak dalam pembelajaran daring. Orang tua yang bekerja cenderung mempunyai waktu lebih sedikit untuk berkumpul dengan keluarga dan mengamati perkembangan pendidikan anaknya. Perkembangan pendidikan anak di rumah tidak berjalan dengan semestinya dan perhatian orang tua terhadap anak menjadi berkurang sejalan dengan kesibukan orang tua yang bekerja. Wali diharapkan mampu dan menguasai inovasi masa kini karena pembelajaran berbasis web. Selain itu ada banyak aplikasi yang harus dikuasai wali seperti Zoom Whatsapp Google Classroom Google Meet Edmodo dan berbagai aplikasi yang membantu pembelajaran internet. Sehingga wali harus lebih inventif dan imajinatif dalam mengatur pelaksanaan pembelajaran internet dan memberikan bimbingan kepada anak-anak untuk memiliki pilihan untuk mendapatkan inovasi masa kini dalam sistem pembelajaran yang jua hendak menambah mutu dari anak. Berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan LMS menurut para orang tua pada pendidikan vokasi diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui keefektifan suatu LMS menurut sudut pandang dari orang tua baik dari segi kemudahan kegunaan minat intensitas penggunaan dan kepuasaan dalam pemanfaatan. Riset ini memakai metode kombinasi( mixed). Bagi Creswell( 2010 5) riset kombinasi merupakan pendekatan penyelidikan yang mencampurkan pengkajian khusus dengan investigasi kuantitatif. Penelitian ini dilakukan sejak April hingga Mei 2021 dan terjadi di SMK Negeri 13 Kota Malang. Data tersebut diperoleh dari wali kelas X Assisten Perawat 1 SMK Negeri 13 Kota Malang siswa yang mengikuti pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Instrumen angket audien berupa 23 pertanyaan untuk mengukur efektifitas LMS pada Pendidikan vokasi. Mengingat hasil pemeriksaan dan penyidikan yang telah dilakukan dapat diperoleh beberapa hal yang dapat menjawab perincian masalah dalam tinjauan ini khususnya (1) Berdasarakan hasil interviu dengan pengajar maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan LMS ini selama masa pandemi para pendidik merasa terbantu karena penggunaannya yang sederhana selain itu para pendidik juga merasa bahwa dengan mengikutsertakan orang tuanya mereka merasa siswa X Keperawatan 1 lebih fokus dalam mengerjakan tugas. (2) Sedangkan dari hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa dengan menggunakan LMS ini mereka juga merasa lebih dimudahkan akan tetapi mereka juga berpendapat apabila orang tua terlibat terlalu intens maka mereka akan merasa kurang nyama dan menjadi kurang giat dalam belajar dikarenakn mereka akan merasa bahwa orang tua terlalu ldquo ketat rdquo dan tidak memberi kebebasan. (3) Kesan kemudahan (perceived ease of use) memiliki dampak positif dan kritis terhadap Kesan Kemanfaatan (perceived usefulness). Hal ini menunjukkan bahwa kesan kemudahan (perceived ease of use) mempengaruhi kemanfaatan (perceived usefulness) pada Learning Management System ini. (4) Kesan kemudahan (perceived ease of use) memiliki dampak positif dan kritis terhadap sikap dalam penggunaan (Attitude Toward Using). Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan berdampak pada sikap dalam menggunakan Learning Management System ini. (5) Kesan Kemanfaatan (perceived usefulness) berpengaruh positif dan kritis terhadap sikap dalam penggunaan (Attitude Toward Using). Dapat diindikasikan bahwa kemanfaatan berdampak pada sikap dalam menggunakan Learning Management System ini. (6) Kesan Kemanfaatan (perceived usefulness) berpengaruh positif dan kritis terhadap perilaku untuk tetap memanfaatkan (behavioral intention to use). Artinya kemanfaatan mempunyai berdampak pada perilaku untuk tetap memanfaatkan Learning Management System ini. (7) Sikap dalam penggunaan (attitude toward using) Using berpengaruh positif dan kritis terhadap perilaku untuk tetap memanfaatkan (behavioral intention to use) artinya sikap dalam penggunaan berdampak pada perilaku untuk tetap memanfaatkan Learning Management System ini. (8) Perilaku untuk tetap memanfaatkan (behavioral intention to use) berpengaruh positif dan kritis terhadap kondisi penggunaan kerangka kerja yang sebenarnya. (actual system usage). Artinya Perilaku untuk tetap memanfaatkan berdampak pada penggunaan kerangka kerja yang sebenarnya pada LMS ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271560

Actions (login required)

View Item View Item