Pengembangan desain pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan design thinking pada mata kuliah program pendidikan dan pelatihan / Lu'luil Maknuunah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan design thinking pada mata kuliah program pendidikan dan pelatihan / Lu'luil Maknuunah

Maknuunah, Lu'luil (2022) Pengembangan desain pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan design thinking pada mata kuliah program pendidikan dan pelatihan / Lu'luil Maknuunah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 merupakan abad dengan paradigma lembah (valley paradigm). Seseorang mungkin mengetahui suatu hal secara mendalam namun dangkal pada hal yang lainnya. Paradigma lembah berpengaruh terhadap aspek pembelajaran. Karakteristik pembelajaran abad 21 mendorong mahasiswa untuk menguasai keterampilan pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah dalam Taksonomi Bloom Revisi termasuk dalam Higher Order Thinking Skills. Untuk dapat mencapai kompetensi abad 21 tersebut diperlukan desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Departemen Teknologi Pendidikan mendukung terselenggaranya praktik baik pembelajaran abad 21. Mata Kuliah Program Pendidikan dan Pelatihan merupakan salah satu wujud pelaksanaan pembelajaran yang mendorong mahasiswa mencapai keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk pengembangan proyek bahan ajar dan pedoman pelatihan. Pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka terbatas menjadi harus dilakukan secara daring dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang belum reda. Sehingga diperlukan desain pembelajaran yang inovatif dan adaptif terhadap kondisi yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model penelitian pengembangan Dick and Carey. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa desain pembelajaran dengan mengintegrasikan design thinking terhadap model pembelajaran berbasis proyek. Desain pembelajaran tersebut diwujudkan dalam perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Panduan Penggunaan Desain Pembelajaran dan Lembar Kerja Mahasiswa. Instrumen validasi produk instrumen angket respon mahasiswa dan soal tes digunakan dalam proses evaluasi. Instrumen tersebut digunakan untuk memperoleh data kevalidan kepraktisan dan keefektifan desain pembelajaran. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) desain pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan design thinking beserta perangkat pendukungnya dinyatakan valid berdasarkan hasil uji validasi ahli (2) Tingkat kepraktisan desain pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan hasil angket respon mahasiswa (3) desain pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasikan design thinking dinyatakan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran pengembangan bahan ajar dan panduan pelatihan pada mata kuliah program pendidikan dan pelatihan berdasarkan hasil uji paired samples t-test terhadap nilai kemampuan awal dibandingkan dengan nilai kemampuan akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271559

Actions (login required)

View Item View Item