Rosiva, Sherla Sepsa (2022) Pengembangan offline mobile learning berbantuan flipped classroom pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas vii / Sherla Sepsa Rosiva. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi telah memudahkan sektor pendidikan dalam mengupayakan inovasi pembelajaran yang baru di dalam kelas seperti adanya penggunaan media belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Mobile learning (m-learning) merupakan salah satu pembelajaran yang efektif memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pembelajarannya. Pada kenyataannya siswa di sekolah menegah pertama (SMP) masih memiliki kendala dalam mengakses m-learning dikarenakan keterbatasan koneksi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk offline m-learning (tanpa koneksi internet) melalui pemanfaatan strategi flipped classroom yang dapat dimanfaatkan dan memberikan pengalaman belajar yang bervariasi secara efektif kepada siswa. Flipped classroom dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran pre-class (luar kelas) dan in-class (dalam kelas). Penelitian menggunakan model pengembangan dari Lee amp Owens. Subjek uji coba melibatkan sebanyak 32 siswa SMPK Mardi Wiyata Malang. Proses validasi produk offline m-learning kepada tiga validator ahli materi ahli media dan ahli desain pembelajaran. Validasi dilaksanakan melalui penerapan instrumen angket untuk mengetahui kelayakan produk offline m-learning dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas pembelajaran offline m-learning berbantuan flipped classroom. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan produk maka dilakukan penerapan instrumen tes (pre-tes dan post-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk offline m-learning berbantuan flipped classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris layak praktis dan efektif. Hal itu dibuktikan dengan analisis persentase rerata ahli materi sebesar 97% ahli media 85% dan ahli desain pembelajaran 94%. Data kepraktisan produk didapatkan dari hasil uji coba produk perseorangan dengan persentase sebesar 90% kelompok kecil 95% dan lapangan 88%. Selanjutnya data keefektifan produk didapatkan dengan membandingkan hasil tes siswa menggunakan nilai N-gain sebesar 0.6 dengan tingkat keefektifan berada pada kategori cukup efektif (60.2). Skala persepsi siswa juga menunjukkan hasil yang positif yang mana mean keseluruhan pernyataan siswa berada di atas 4. Saran yang disampaikan kepada pengguna yaitu diharapkan untuk memiliki keterampilan dasar terhadap pengoperasian smartphone sehingga proses pembelajaran dengan pemanfaatan offline m-learning berbantuan flipped classroom menjadi lebih optimal. Kepada pengembang berikutnya diharapkan dapat mengembangkan konten Bahasa Inggris yang lebih kompleks ke dalam produk m-learning layaknya modul serta perlu diperhatikan spesifikasi smartphone yang dimiliki siswa agar proses diseminasi dan interaktif tidak terganggu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271558 |
Actions (login required)
View Item |