Pengaruh inkuiri terhadap hasil belajar siswa yang memiliki locus of control berbeda / Betha Marsiana Marpaung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inkuiri terhadap hasil belajar siswa yang memiliki locus of control berbeda / Betha Marsiana Marpaung

Marpaung, Betha Marsiana (2022) Pengaruh inkuiri terhadap hasil belajar siswa yang memiliki locus of control berbeda / Betha Marsiana Marpaung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marpaung Betha Marsiana. 2022. Pengaruh Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Memiliki Locus of Control Berbeda. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing inkuiri terstruktur locus of control hasil belajar. Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya pengaruh hasil belajar siswa melalui pembelajaran inkuri terstruktur dan inkuri terbimbing pada siswa yang memiliki locus of control yang berbeda. Penelitian menggunakan rancangan desain quasi eksperimen. Adapun penelitian ini digunakan untuk menyelidiki pengaruh dari pembelajaran inkuiri (terstruktur dan terbimbing) sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat serta locus of control sebagai variabel moderat. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki locus of control tinggi dan locus of control rendah (3) terdapat interaksi antara model inkuri dengan locus of control dalam menentukan hasil belajar siswa. Analisis data digunakan oleh peneliti untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran inkuiri terstruktur dan inkuiri terbimbing yang memiliki locus of control berbeda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis Anova Dua Arah (Two Way Anova) dengan desain faktorial 2x2. Subyek dalam proses penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA SMAK Kolese St. Yusup Malang tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari tujuh (7) kelas dengan jumlah keseluruhan 242 siswa. Sampel yang dipilih terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan kelas ini dilakukan secara teknik sampel kelompok atau rumpun. Pembagian kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan secara simple random sampling dan terpilih kelas XI IPA A2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA A4 sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan inkuiri terstruktur dan inkuiri terbimbing (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan locus of control internal dan eksternal (3) Terdapat interaksi antara model inkuiri dan locus of control dalam menentukan hasil belajar termodinamika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri agar siswa semakin hari semakin terbantu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta mamput menjadikan mereka antusias dalam mencari dan mengolah sendiri setiap masalah dengan menemukan sendiri jawabannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271556

Actions (login required)

View Item View Item