Pengembangan panduan pelatihan kontrol diri dengan Media Electronic Publication (EPUB) untuk mencegah perilaku narsistik Siswa SMA / Istin Yulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kontrol diri dengan Media Electronic Publication (EPUB) untuk mencegah perilaku narsistik Siswa SMA / Istin Yulia

Yulia, Istin (2021) Pengembangan panduan pelatihan kontrol diri dengan Media Electronic Publication (EPUB) untuk mencegah perilaku narsistik Siswa SMA / Istin Yulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa dimana pada masa ini ditandai dengan adanya perubahan biologis dan juga emosional. Pada masa remaja ini seorang individu mulai menunjukkan mintanya terhadap penampilan yang menarik untuk mendapatkan pujian. Pada masa remaja seorang individu rentang mengalami gangguan termasuk gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian yang dialami remaja masa kini adalah narsistik dimana seorang remaja merasa dirinya unik spesial paling pintar merasa cantik/ ganteng dan juga tumbuh sifat egois. Narsisme telah menjadi sebuah ciri khas pada masa kin dan jika terus dibiarkan akan menimpukan dampak negatif yaitu menurunnya rasa empati dan berdampak bagi hubungan sosial dengan lingkunganya seperti menganggu orang lain dan membuat orang lain tidak menyukai orang yang memiliki perilaku narsistik. Untuk mencegah terjadinya perilaku narsistik maka dibutuhkan kontrol diri atau kontrol diri yang disesuaikan dengan kebutuhan masa kini yaitu masa modern dengan masyarakat yang sudah modern sehingga dalam pemberian informasi dapat menggunakan buku digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pelatihan kontrol diri dengan media electronic publication (epub) untuk mencegah perilaku narsistik siswa SMA. Rancangan penelitian dan pengembangan ini menadopsi dari model Borg amp Gall (1983) yaitu 1) mengumpulkan informasi dan studi literature 2) merancang produk dengan menentukan tujuan strategi pelatihan desain langkah pengembangan dan desain uji coba produk 3) mengembangkan produk awal dan menyusun alat evaluasi 4) uji coba tahap awal kepada ahli bimbingan konseling dan ahli media 5) melalukan revisi dari uji coba tahap awal 6) uji coba calon pengguna yaitu konselor 7) melakukan revisi dan penyempurnaan produk akhir. Syarat keberterimaan dari uji ahli meliputi aspek ketepatan kegunaan kelayakan dan kemenarikan sedangkan data yang diperoleh dari hasil uji ahli merupakan data numerik dan data verbal. Data numerik atau angka dianalisis menggunakan teknik analisis interater agreement model. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini terdapat buku digital electronic publication (epub) dan buku petunjuk penggunaan epub. Pada buku digital electronic publication terdapat beberapa bagian yaitu 1) kata pengantar 2) daftar isi 3) bab I berisi rasional dan tujuan 4) bab II berisi petunjuk penggunaan sasaran pengguna peran konselor peran siswa dan rancangan kegiatan bimbingan kelompok 5) bab III berisi prosedur pelaksanaan yang berisi orientasi penyaringan sasaran menerjemahkan sasaran menjadi perilaku memantau diri sendiri menyelesaikan rencana perubahan 6) daftar pustaka 7) lembar kesediaan mengikuti bimbingan dan 8) profil pengembang. Buku digital epub dengan eksistensi file dapat diakses secara online menggunakan smartphone atau PC. Sedangkan pada buku cetak yaitu petunjuk pelatihan yang lebih spesifik menjelaskan cara mengoperasikan buku digital electronic publication. Produk yang dikembangkan kemudian dilakukan uji ahli dengan syarat keberterimaan pada aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kelayakan dan aspek kemenarikan. Hasil uji ahli materi pada aspek ketepatan memiliki indeks nilai 0 75 yang berarti baik pada aspek kegunaan kelayakan dan kemenarikan memiliki nilai 1 yang berarti sangat baik. Hasil uji ahli media pada aspek ketepatan kegunaan kelayakan dan kemenarikan mendapatkan nilai 1 yang berarti sangat baik. Hasil dari uji calon pengguna mendapatkan nilai 1 pada setiap aspeknya yang berarti dapat disimpulkan bahwa produk panduan pelatihan yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk panduan pelatihan kontrol diri dengan media electronic publication (epub) untuk mencegah perilaku narsistik siswa SMA. Produk yang dihasilkan sudah melalui uji ahli materi uji ahli media dan uji calon pengguna dan sudah memenuhi syarat keberterimaan pada setiap aspeknya yaitu aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kelayakan dan aspek kemenarikan. Panduan pelatihan ini merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling yang dapat mencegah terjadinya perilaku narsitik pada siswa. Oleh karena itu konselor harus dapat memahami dengan jelas maksud dari setiap pertemuan sdan konselor harus dapat memahami bagaimana cara menggunakan atau mengoperasikan buku digital electronic publication. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menguji keefetifan produk yang dihasilkan karena pada penelitian ini hanya sampai tahap revisi akhir dari uji calon pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271540

Actions (login required)

View Item View Item