Pengembangan panduan cangkrukan sebagai teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri / Karisma Khoirul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan cangkrukan sebagai teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri / Karisma Khoirul Hidayah

Hidayah, Karisma Khoirul (2022) Pengembangan panduan cangkrukan sebagai teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri / Karisma Khoirul Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayah Karisma Khoirul. 2022. Pengembangan Panduan Cangkrukan sebagai Teknik Bimbingan untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Santri. Tesis Program Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T. M.Pd. (2) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd. Kata Kunci cangkrukan bimbingan penyesuaian sosial. Budaya cangkrukan merupakan kearifan lokal yang memiliki nilai egaliter demokratis dan solidaritas. Salah satu alternatif solusi yang dilakukan oleh konselor dalam mengatasi masalah pada penyesuaian sosial santri yang rendah dengan menghadirkan sebuah kearifan lokal yaitu cangkrukan yang dipadukan dengan bimbingan kelompok karena budaya ini sudah familiar di kalangan santri pesantren mahasiswa sehingga dapat diterima secara teoritis dan praktis bagi guru madin dan santri. Konselor/ guru madin mempunyai peran penting dalam memberikan bantuan yang efektif khususnya pada rendahnya penyesuaian sosial santri. Penyesuaian sosial yang rendah dapat dilihat dari kurangnya santri menerima diri orang lain dan lingkungan baru kurang dapat menyesuaikan diri dan kurang dapat bersikap sopan santun. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan (1) deskripsi format panduan cangkrukan yang layak sebagai teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri. (2) deskripsi konten panduan cangkrukan yang layak sebagai teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial santri. (3) diperoleh deskripsi format dan konten panduan cangkrukan yang layak sebagai teknik bimbingan untuk penyesuaian sosial santri menurut calon pengguna. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg amp Gall dengan menyederhanakan tahapan penelitian hingga pada tahap review ahli dan calon pengguna. Modifikasi dari tahapan-tahapan tersebut diantaranya (1) tahap I Studi Pendahuluan (2) tahap II Perencanaan (3) tahap III Pengembangan produk (4) tahap IV Melakukan review oleh ahli BK ahli media pembelajaran dan calon pengguna ahli materi dari dosen bimbingan dan konseling ahli media dari dosen teknologi pendidikan dan calon pengguna dari guru madrasah diniyah diniyah at-Tahdzibiyah Pesantren Luhur Malang (5) tahap V Revisi atau penyempurnaan produk. Analisis hasil uji validasi menggunakan interrater agreement model untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil analisis uji validasi ahli bimbingan dan konseling memperoleh indeks sebesar 1 merupakan kategori ldquo sangat tinggi rdquo hasil analisis uji validasi ahli media pembelajaran memperoleh indeks 1 merupakan kategori ldquo sangat tinggi rdquo dan hasil analisis calon pengguna produk memperoleh 1 merupakan masuk kategori ldquo sangat tinggi rdquo . Dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan kriteria ketepatan kemenarikan kejelasan kegunaan dan kemudahann produk yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan produk yang dapat digunakan sebagai panduan teknik bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian sosial. Bagi peneliti selanjutnya produk panduan cangkrukan membutuhkan tahapan uji coba atau eksperimen pada santri sesuai dengan tahapan penelitian dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271536

Actions (login required)

View Item View Item