Keefektifan bibliokonseling blended untuk meningkatkan self control siswa pelaku cyberbullying SMAN 3 Kupang / Meggi Dina Mariana Labkoli - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bibliokonseling blended untuk meningkatkan self control siswa pelaku cyberbullying SMAN 3 Kupang / Meggi Dina Mariana Labkoli

Labkoli, Meggi Dina Mariana (2022) Keefektifan bibliokonseling blended untuk meningkatkan self control siswa pelaku cyberbullying SMAN 3 Kupang / Meggi Dina Mariana Labkoli. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tentang keefektifan bibliokonseling blended untuk meningkatkan self control siswa pelaku cyberbullying di SMA Negeri 3 Kupang dilatarbelakangi oleh berbagai persoalan yang dialami remaja di Kupang. Hal ini didasari oleh kondisi dimana masa remaja berada pada fase peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa masa ini ditandai dengan adanya ketidakseimbangan emosional yang menyebabkan remaja cenderung melakukan perbuatan beresiko. Banyaknya kasus perundungan yang dilakukan oleh remaja di Kupang melalui media sosial terus meningkat merupakan luapan dari ketidakmampuan remaja mengontrol diri. Merujuk pada fenomena yang terjadi di Kupang khususnya dan di Indonesia pada umumnya serta serta Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik maka diperlukan usaha represif dalam peningkatan self control siswa menggunakan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling pada bidang pribadi adapun salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diterapkan ialah layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik bibliokonseling blended. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria khusus yaitu siswa yang pernah melakukan cyberbullying dan memiliki tingkatan self control kategori sedang yang diperoleh dari hasil pretest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa. Peneliti membangi 10 orang siswa tersebut menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 5 (lima) siswa dan kelompok kontrol berjumlah 5 (lima) orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala self control dan pedoman eksperimen. Namun yang menjadi acuan utama dalam pengumpulan data ini adalah skala self control. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui peningkatakan self control sebelum dan sesudah diberikan intervensi dan uji Mann Whitney untuk menguji apakah ada perbedaan kedua kelompok setelah diberikan intervensi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai (Z -2.041b) dan nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0.041. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa 0.041 lt 0.05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat diartikan bahwa ada perbedaan tingkat self control sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok eksperimen. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok kontrol diperoleh nilai (Z -1.633b) dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.102. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 0.102 gt 0.05 maka H0 diterima artinya bahwa tidak ada peningkatan atau perubahan self control siswa pada kelompok kontrol setelah mengikuti intervensi. Hasil uji Mann Whitney U Test dengan nilai dengan pengambilan keputusan didasarkan pada nilai probalilitas jika probabilitas gt 0.05 maka H0 diterima. Apabila nilai probalitas lt 0.05 makan H0 ditolak. Hasil analisis diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.009 (0.009 lt 0.05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik bibliokonseling blended efektif untuk meningkatkan self control siswa pelaku cyberbullying di SMAN 3 Kupang. Sehubungan dengan hasil penelitian saran bagi (1) Guru BK dapat menggunakan teknik bibliokonseling blended untuk meningkatkan self control siswa karena berdasarkan hasil penelitian yang diberikan teknik ini dapat meningkatkan self control siswa. (2) Peneliti Selanjutnya Penelitian ini hanya berfokus pada siswa SMA Negeri 3 Kupang sehingga disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan jumlah subjek penelitian pada sekolah menengah atas lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271535

Actions (login required)

View Item View Item