Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan gobak sodor terhadap keterampilan sosial siswa SMP / Siti Nur Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan gobak sodor terhadap keterampilan sosial siswa SMP / Siti Nur Amalia

Amalia, Siti Nur (2022) Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan gobak sodor terhadap keterampilan sosial siswa SMP / Siti Nur Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses sosialisasi seorang anak dengan teman-temannya tidaklah lepas dari keterampilan sosial yang dimiliki setiap individu. Anak yang tidak mempunyai keterampilan sosial baik biasanya menyendiri tidak bisa bergaul dengan teman-temannya dan tidak mampu menajemen dirinya. Sebaliknya anak yang memiliki keterampilan sosial dapat bergaul dengan teman-temannya dengan luwes mampu memanajemen dirinya dengan baik dan patuh akan aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-harinya. Keterampilan Sosial ini dapat dipupuk melalui sebuah permainan terutama permainan banyak melibatkan interaksi dengan kelompok teman sebayanya. Permainan tradisional gobag sodor merupakan sebuah permainan yang dimainkan secara kelompok dan terdapat aturan-aturan yang harus ditaati sehingga siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya berlatih menaati aturan-aturan yang ada dan mampu meningkatkan keterampilan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional gobag sodor berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa SMP kelas 1. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMPN 1 Sawoo. Sampling yang digunakan adalah 10 siswa yang memiliki keterampilan paling sedang dari 33 siswa. Alat pengumpulan data adalah skala keterampilan sosial yang telah dimodifikasi. Teknik analisis menggunakan analisis Wilcoxon signed ranks test. Hasil analisis dari skor pretest dan posttest melalui uji Wilcoxon signed ranks test menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.002 maka dengan nilai Asymp. Sig 0 002 lt 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dari hasil uji Wilcoxon signed ranks test diambil keputusan yaitu ada peningkatan keterampilan sosial siswa SMPN 1 SAWOO sebelum dan setelah treatment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271530

Actions (login required)

View Item View Item