Pengembangan video talking head eksplorasi karier sebagai media informasi perencanaan karier siswa SMP / Priska Christi Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video talking head eksplorasi karier sebagai media informasi perencanaan karier siswa SMP / Priska Christi Wardhani

Wardhani, Priska Christi (2022) Pengembangan video talking head eksplorasi karier sebagai media informasi perencanaan karier siswa SMP / Priska Christi Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wardhani Priska Christi. 2022. Pengembangan Video Talking Head Eksplorasi Karier Sebagai Media Informasi Perencanaan Karier Siswa SMP. Tesis Program Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Henny Indreswari M.Pd. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci video talking head eksplorasi karier perencanaan karier Kematangan dalam bidang karier menjadi salah satu tujuan bagi setiap orang. Salah satu langkah awal dalam mempersiapkan karier masa depan adalah dengan melakukan eksplorasi karier. Melalui eksplorasi karier diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa memasuki dunia kerja. Pengalihan kegiatan belajar di sekolah secara offline menjadi online tentunya juga memerlukan penyesuaian oleh berbagai pihak yakni guru dan siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan media yang sesuai dengan tujuan dan kondisi siswa. Dalam hal ini peneliti mengembangkan media video eksplorasi karier. Jenis video yang digunakan adalah Video Talking Head yang mana peneliti sendiri yang menjadi pemeran utama dalam video tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa video talking head dan buku panduan untuk membantu konselor memfasilitasi layanan bimbingan eksplorasi karier dalam perencanaan karier yang diberikan kepada siswa SMP yang diuji secara teoritis dan eksperimental dan memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu ketepatan kegunaan kepraktisan kemenarikan dan keefektifan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE. Subek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kebutuhan eksplorasi karier yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan subjek penelitian pedoman wawancara konselor akan layanan eksplorasi karier yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan subjek penelitian skala eksplorasi karier untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan video talking head eksplorasi karier dan format penilaian video talking head eksplorasi karier untuk menilai kualitas video dan panduan yang dibuat oleh ahli bimbingan dan konseling ahli media pembelajaran dan calon pemakai panduan/konselor. Penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif untuk menjelaskan hasil angket kebutuhan hasil wawancara dan hasil evaluasi analisis non parametrik Wilcoxon Signed-Rank dengan desain eksperimen one group pretest posttest untuk mengetahui keefektifan perlakuan yang diberikan dan analisis interrater agreement model untuk mengetahui keberterimaan video talking head eksplorasi karier yang dikembangkan. Hasil pengembangan ini adalah video talking head eksplorasi karier yang dilengkapi dengan buku panduan di dalamnya terdapat enam bagian di antaranya (1) kata pengantar (2) daftar isi (3) pendahuluan (4) petunjuk penggunaan (5) langkah-langkah kegiatan bimbingan (6) profil pengembang. Hasil uji validitas terhadap pengembangan video talking head eksplorasi karier sudah memenuhi kriteria keberterimaan. Hasil penilaian ahli bimbingan dan konseling pada aspek ketepatan menunjukkan nilai 1 yang berarti lebih dari 0 8 maka memiliki validitas tinggi atau dengan kata lain sangat baik. Pada aspek kegunaan menunjukkan nilai 1 yang berarti memiliki validitas tinggi dengan kata lain sangat bagus. Pada aspek keefektifan menunjukkan nilai 1 yang berarti memiliki validitas tinggi dengan kata lain sangat bagus. Selanjutnya penilaian ahli media pembelajaran pada aspek kemenarikan menunjukkan nilai 1 yang berarti lebih dari 0 8 maka memiliki validitas tinggi atau dengan kata lain sangat baik. Pada aspek kemudahan menunjukkan nilai 1 yang berarti memiliki validitas tinggi dengan kata lain sangat bagus. Selanjutnya berdasarkan evaluasi calon pengguna aspek ketepatan menunjukkan nilai 1 yang berarti lebih dari 0 8 maka memiliki validitas tinggi atau dengan kata lain sangat baik. Pada aspek kegunaan menunjukkan nilai 1 yang berarti memiliki validitas tinggi dengan kata lain sangat bagus. Pada aspek keefektifan menunjukkan nilai 1 yang berarti memiliki validitas tinggi dengan kata lain sangat bagus. Sedangkan hasil uji coba produk utama terhadap 6 siswa menggunakan desain eksperimen one group pretest posttest design dan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z sebesar -2 214 yang jatuh pada probabilitas 0 027 lt 0 05 yang berarti H0 ditolak yang berarti bahwa video talking head eksplorasi karier efektif meningkatkan perencanaan karier siswa SMP. Berdasarkan hasil uji validitas ahli bimbingan dan konseling ahli media pembelajaran dan calon pengguna/konselor terhadap video talking head eksplorasi karier yang dikembangkan peneliti telah memenuhi kriteria keberterimaan. Dan melalui uji coba produk utama terhadap siswa menunjukkan bahwa video talking head eksplorasi karier efektif meningkatkan perencanaan karier siswa SMP. Oleh karena itu konselor dapat menggunakan video talking head eksplorasi karier ini untuk membantu siswa SMP dalam meningkatkan perencanaan karier. Sedangkan bagi peneliti selanjutna bisa memperluas penelitian hingga uji coba lapangan kelompok besar agar video talking head eksplorasi karier yang dikembangkan lebih bermanfaat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271529

Actions (login required)

View Item View Item