Keefektifan teknik Dispute Irrational Beliefs (DIBS) dalam konseling kelompok Rational Emotive Behavior (REB) untuk menurunkan perilaku self-defeating siswa SMP / Norma Riza Fuat Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik Dispute Irrational Beliefs (DIBS) dalam konseling kelompok Rational Emotive Behavior (REB) untuk menurunkan perilaku self-defeating siswa SMP / Norma Riza Fuat Rahmawati

Rahmawati, Norma Riza Fuat (2022) Keefektifan teknik Dispute Irrational Beliefs (DIBS) dalam konseling kelompok Rational Emotive Behavior (REB) untuk menurunkan perilaku self-defeating siswa SMP / Norma Riza Fuat Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Norma Riza Fuat Rahmawati.2022. Keefektifan Teknik Dispute Irrational Beliefs (DIBS) dalam Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior (REB) Untuk menurunkan Perilaku Self-Defeating Siswa SMP. Tesis Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan Program Magister Bimbingan Dan Konseling. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A (II) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata Kunci Dispute irrational beliefs (DIBS) Konseling kelompok rational emotive behavior (REB) Perilaku self-defeating Perilaku self-defeating berfokus tradeoff yaitu perilaku mencelakai diri sendiri dengan akibat berbahaya yang ditimbulkan bukan tujuan dari perilaku yang diinginkan. Perilaku tersebut dapat menyebabkan individu memiliki kecenderungan untuk irrasional pada pemikiran emosi dan bahkan yang paling mengkhawatirkan adalah perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok REB dengan teknik DIBS untuk menurunkan perilaku self defeating berfokus tradeoff pada siswa SMP. Rancangan Penelitian yang digunakan penelitian eksperimen semu. Desain yang dipilih untuk menguji apakah terdapat penurunan pada kelompok yang diberikan perlakuan adalah one group pretest posttest design . Terpilih lima siswa sebagai subyek penelitian berdasarkan pre-test yang diberikan kepada siswa tersebut. Analisis yang dipergunakan untuk melihat signifikasi perubahan antara sebelum dan sesudah intervensi adalah menggunakan analisis statistik non parametrik yaitu The wilcoxon Matched pairs Signed ranks test. Hasil statistik didapatkan nilai z -2.027 dengan taraf 0 043 (Sig. 2 tailed lt 0.05) maka H diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknik DIBS dalam konseling Kelompok REB efektif untuk menurunkan perilaku self-defeating siswa SMP. Terkait dengan temuan penelitian ini maka saran yang disampaikan sebagai berikut 1) Konselor Sekolah hendaknya menggunakan Teknik DIBS dalam Konseling Kelompok REB untuk menurunkan perilaku self-defeating berfokus tradeoff 2) Siswa hendaknya dapat menindaklanjuti hasil dari Konseling Kelompok REB Teknik DIBS untuk memiliki perilaku yang bertanggung jawab akan tugasnya sebagai siswa 3) Peneliti selanjutnya hendaknya menguji efektifitas teknik DIBS dalam konseling kelompok REB dengan eksperimen murni dengan populasi yang lebih luas sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 26 Jul 2023 08:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271528

Actions (login required)

View Item View Item