Pengembangan panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP / Rohmah Nurhuda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP / Rohmah Nurhuda

Nurhuda, Rohmah (2022) Pengembangan panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP / Rohmah Nurhuda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dampak Covid-19 yang melanda di seluruh dunia mempengaruhi sektor pendidikan. Perubahan yang begitu cepat dimasa Covid-19 mengharuskan siswa mampu beradaptasi dengan cepat terutama perubahan kebiasaan belajar. Siswa yang tidak bisa beradaptasi dengan kebiasaan belajar yang baru akan merasa tertekan. Tekanan yang tidak dikelola dengan baik akan memicu stres negatif. Stres negatif yang berkepanjangan dalam belajar dapat menyebabkan terjadinya kejenuhan belajar. Oleh karena itu pentingnya layanan kuratif seperti konseling kelompok. Layanan konseling kelompok dalam penelitian ini menggunakan pendekatan CBT semakin lebih efektif bila dibarengi dengan penggunaan teknik self talk. Tujuan penelitian ini mengembangkan panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP yang memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan aspek ketepatan aspek kelayakan dan aspek kemenarikan. Penelitian ini menggunakan rancangan model R amp D dari Borg amp Gall. Prosedur penelitian yang diadaptasi mengacu sampai langkah kelima yaitu 1) studi pendahuluan 2) perencanaan pengembangan produk 3) pengembangan produk awal 4) uji coba tahap awal dan 5) revisi produk awal. Subjek penelitian ini adalah ahli materi media dan calon pengguna. Format penilaian ahli materi ahli media dan calon pengguna merupakan subjek penelitian. Sedangkan inter-rater agreement model dari Gregory digunakan untuk menganalisis data angka. Pengembangan ini menghasilkan panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar yang didalamnya terdapat delapan bagian yaitu 1) kata pengantar 2) daftar isi 3) bab I pendahuluan 4) bab II kejenuhan belajar dan teknik self talk 5) bab III prosedur 6) daftar rujukan 7) lampiran 8) profil pengembang. Hasil penilaian ahli materi BK pada aspek kegunaan memperoleh nilai 1 menunjukkan validitas sangat tinggi aspek ketepatan memperoleh nilai 0 78 menunjukkan validitas sangat tinggi dan aspek kelayakan memperoleh nilai 0 67 menunjukkan validitas tinggi. Sementara hasil penilaian dari ahli media pada aspek kegunaan ketepatan dan kemenarikan diperoleh nilai 1 menunjukkan validitas sangat tinggi. Sedangkan hasil penilaian oleh calon pengguna pada aspek kegunaan ketepatan kelayakan dan kemenarikan diperoleh nilai 1 menunjukkan validitas sangat tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah dihasilkannya produk berupa panduan konseling kelompok dengan teknik self talk untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa SMP yang telah memenuhi kriteria akseptabilitas berlandaskan hasil penilaian ahli dan calon pengguna. Saran untuk guru BK harus mempelajari dan memahami teknik self talk secara mendalam untuk digunakan dalam layanan konseling kelompok sehingga kejenuhan belajar siswa menurun. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya hendaknya melakukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan panduan sehingga produk yang masih berupa prototype ini akhirnya bisa digunakan oleh konselor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271527

Actions (login required)

View Item View Item