Keefektifan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan / Dwi Ananda Nur Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan / Dwi Ananda Nur Umami

Umami, Dwi Ananda Nur (2022) Keefektifan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa Kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan / Dwi Ananda Nur Umami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tentu saling mempengaruhi satu sama lain termasuk bagaimana individu tersebut berinteraksi dengan sesama. Dalam lingkungan sekolah siswa merupakan bagian dari lingkup terpenting dalam proses belajar dituntut untuk dapat memiliki hubungan serta komunikasi interpersonal yang baik dengan warga sekolah. Komunikasi interpersonal sangat mempengaruhi siswa dalam lingkungan sekolah tentu siswa akan banyak bercengkrama dengan guru serta siswa lainnya untuk mempermudah dalam proses belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang didalamnya terdapat sebuah treatment (perlakuan). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design. Dalam hal ini nantinya peserta didik akan diberikan pre-test sehingga dapat diketahui keterampilan komunikasi interpersonalnya. Setelah itu diberikan perlakuan (treatment) yaitu layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik simulasi monopoli dan yang terakhir yaitu diberikannya post-test dengan tujuan untuk mengetahui apakah perlakuan yang diberikan efektif atau tidak terhadap peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soft skill test untuk mengukur tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa dan panduan eksperimen untuk memperoleh data berkenaan dengan pemberian perlakuan yaitu bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli. Teknik analisis data secara manual dengan menghitung hasil soft skill test yang telah disebarkan kepada siswa dan uji wilcoxon untuk menguji perbedaan skor dari dua sampel yang berpasangan atau berhubungan dengan maksud untuk melihat apakah ada perbedaan skor sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan skor keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan setelah diberikan treatment. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon negative ranks atau selisih (negatif) antara hasil pre-test dan post-test adalah 0 baik itu pada nilai N mean rank maupun sum rank. Nilai 0 tersebut menunjukkan tidak adanya penurunan (pengurangan) dari nilai pre-test dan post-test. Kemudian Positive ranks atau selisih (positif) menunjukkan terdapat 12 data positif (N) yang artinya ke 12 siswa mengalami peningkatan keterampilan komunikasi interpersonalnya. Mean rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 6 50 sedangkan jumlah ranking positif atau sum of ranks adalah sebesar 78 0. Selanjutnya nilai ties adalah 0 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada nilai yang sama antara pre-test dan post-test. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Kesehatan Nusantara Pamekasan. Hal ini didasarkan dari hasil skor yang diperoleh sebelum pemberian perlakuan (treatment) dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil menunjukkan Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0 02. Karena nilai 0 02 lt 0 05 maka dapat diartikan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini terdapat beberapa saran yaitu Pertama konselor dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli sebagai alternatif layanan untuk membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Kedua disarankan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi monopoli pada subjek yang lain yaitu siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 01:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271526

Actions (login required)

View Item View Item