Hubungan motivasi berprestasi, efikasi diri akademik, regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan siswa SMP di Kota Batu dalam menghadapi Asesmen Nasional / Imam Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi berprestasi, efikasi diri akademik, regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan siswa SMP di Kota Batu dalam menghadapi Asesmen Nasional / Imam Setiawan

Setiawan, Imam (2022) Hubungan motivasi berprestasi, efikasi diri akademik, regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan siswa SMP di Kota Batu dalam menghadapi Asesmen Nasional / Imam Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai langkah linier untuk memperbaiki kualitas sistem pendidikan dan mutu pendidikan di Indonesia Kemendikbud Ristek merumuskan program terbaru yaitu Asesmen Nasional (AN) sebagai upaya pengganti dari pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021. Asesmen nasional terdiri dari 3 bagian diantaranya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Adapun variabel-variabel yang diduga memiliki kontribusi dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) diantaranya motivasi berprestasi efikasi diri akademik regulasi diri dan dukungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi variabel motivasi berprestasi (X1) efikasi diri akademik (X2) regulasi diri (X3) dukungan sosial keluarga (X4) dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional (Y). Rancangan penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif noneksperimen dengan penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SMP yang berlokasi di Kota Batu dan telah mengikuti pelaksanaan asesmen nasional yang berjumlah 1.170 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling dan diperolah sampel penelitian berjumalah 312 siswa. Adapun instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini Instrumen Kesiapan Dalam Menghadapi AN diadaptasi dari (Hakim 2021c) motivasi berprestasi diadaptasi dari (Prihandrijani 2016) efikasi diri akademik diadaptasi dari (Inhad Syaefullah 2014) regulasi diri diadaptasi dari (Anggraini 2020) dan dukungan sosial keluarga diadaptasi dari (Wicaksono 2019). Analisis data menggunakan 1) uji statistik deskriptif 2) uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji homogenitas uji Linearitas uji autokolerasi uji Multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas 3) uji hipotesis mengunakan uji regresi sederhana dan uji regresi linier berganda dengan bantuan komputer melalui SPSS 25. Temuan hasil penelitian pada hipotesis 1 s/d 4 menunjukkan terdapat kontribusi positif signifikan antara (X1) dengan (Y) dengan kategori sedang efikasi diri akademik (X2) dengan (Y) dengan kategori sedang regulasi diri (X3) dengan (Y) dengan kategori kuat dukungan sosial keluarga (X4) dengan (Y) dengan kategori sedang. Hasil pada hipotesis 5 diterima yaitu terdapat kontribusi motivasi berprestasi efikasi diri akademik regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan siswa SMP di Kota Batu dalam menghadapi Asesmen Nasional ditinjau dari gender. Berdasarkan nilai R pada siswa laki-laki sebesar 0 711 dan nilai R pada siswa perempuan sebesar 0 662 sehingga dapat diartikan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan dengan kriteria kuat. Hasil pada hipotesis 6 diterima yaitu terdapat kontribusi atau sumbangan efektif secara simultan variabel motivasi berprestasi efikasi diri akademik regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan siswa SMP laki-laki di Kota Batu dalam menghadapi Asesmen Nasional. Berdasarkan nilai R diperoleh nilai sebesar 0 682 sehingga dapat diartikan bahwa seluruh variabel memiliki hubungan dengan kriteria kuat. Adapun saran berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut 1) Guru Bimbingan dan Konseling dapat memanfaatkan hasil temuan penelitian ini sebagai basic need assessment dalam merancang program bimbingan dan konseling dalam rangka mempersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional melalui layanan dasar layanan responsive dan dukungan sistem. 2) Peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil temuan ini sebagai acuan penggalian variabel lain yang diduga berkontribusi terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional. Dan 3) Hasil temuan penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam melaksanakan penelitian pengembangan atau eksperimen dengan teknik layanan Bimbingan dan Konseling sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271524

Actions (login required)

View Item View Item