Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kesadaran respek siswa MTSN 3 malang / Himyatul Amanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kesadaran respek siswa MTSN 3 malang / Himyatul Amanah

Amanah, Himyatul (2022) Keefektifan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kesadaran respek siswa MTSN 3 malang / Himyatul Amanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan gambaran dan informasi mengenai kesadaran respek siswa sangat menurun dari observasi pengalaman pribadi peneliti serta wawancara guru didapati sikap respek siswa yang menurun. Dapat terlihat dari sikap hormat siswa hadir yang terpaksa berbeda apabila di tempat yang lain memang tidak semua siswa bersikap demikian namun tindakan kurang hormat akan memberikan efek tidak baik pada teman-temannya tidak menutup kemungkinan akan membesar. Karena itu bimbingan kelompok diperlukan untuk membantu siswa dalam mengembangkan sikap respek yang ada dalam dirinya. Sebagaimana penelitian awal antara lain Riza Aqilah Silmy (2021) bahwa dengan panduan biblioedukasi dapat meningkatkan sikap respek Siswa SMP dimana panduan biblioedukasi dapat meningkatkan sikap respek pada siswa SMP. Ella Faridati Zen (2020) bahwa perilaku perundungan dapat dikendalikan jika individu memiliki keterampilan dalam berinteraksi sosial secara efektif. Keterampilan tersebut di antaranya yaitu sikap dan tindakan respek atau peduli kepada lingkungan atau orang lain. Layanan bimbingan kelompok dalam penelitian ini diupayakan cara untuk melatih sikap sadar respek dengan teknik modelling. Teknik modelling dijelaskan oleh Erford (2017) setidaknya ada 3 macam teknik modelling yaitu live modelling simbolic modelling dan multiple modelling. Pada penelitian ini teknik yang akan di gunakan adalah teknik simbolic modelling salah satunya sinema edukasi diharapkan siswa dapat melihat dan menerapkan perilaku sadar respek atas cuplikan film/sinema edukasi yang dibuat tersebut. Pemanfaatan film/ video telah dilakukan oleh Hidayah (2014) yang selanjutnya dalam penelitian ini di sebut teknik sinema edukasi. Dalam pelaksanaannya teknik sinema edukasi berupa film/ video yang di dalamnya terdapat 4 aspek kesadaran respek yang nantinya diharapkan mampu mengubah persepsi subyek penelitian serta dapat dicontoh sikap sadar respek oleh subyek penelitian dari sinema edukasi yang telah ditayangkan. Dengan harapan teknik sinema edukasi dapat membantu siswa mengembangkan sikap sadar respek yang ada dalam dirinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kesadaran respek siswa MTsN 3 Malang sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre test ndash post test one group design. Dari 348 siswa (11 kelas) diambil secara acak (lotre) muncul 2 kelas (7D dan 7E) sebanyak 64 siswa dari 64 siswa diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan cara (lotre) muncul 40 siswa yang kemudian disebar skala pengukuran diambil dengan kategori ldquo sedang rdquo . Dari 40 siswa dengan kategori sedang kemudian disaring diambil secara acak 10 siswa sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan skala pengukuran kesadaran respek yang telah diuji validitas (diperoleh 71 item valid dari 80 item pernyataan/ pertanyaan) dan reliabilitas sebesar 0 944. Analisa data yang dilakukan adalah dengan melihat nilai/ hasil pre test dan post test subyek penelitian dengan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test. Setelah dilakukan bimbingan kelompok kesadaran respek siswa ternyata meningkat dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh diskripsi statistik yaitu mean pre test 190 80 dan mean post test 212 00. Hasil Zhitung -2 668 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0 008 dan Exact Sig. (2-tailed) 0 004 karena hasil pre test dan post test memiliki median yang berbeda dan perbedaan tersebut signifikan sehingga disimpulkan hasil penelitian bahwa bimbingan kelompok teknik sinema edukasi efektif dalam meningkatkan kesadaran respek siswa MTsN 3 Malang ditunjukkan dengan perbedaan median serta hasil yang signifikan pada sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Layanan bimbingan kelompok teknik sinema edukasi ini dapat digunakan Konselor sebagai alternatif bantuan untuk meningkatkan kesadaran respek siswa MTsN 3 Malang. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode dengan rancangan lain misal melalui metode eksperimen murni dengan menambahkan kelompok kontrol dan subyek penelitian yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 07:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271523

Actions (login required)

View Item View Item