Pengembangan media pembelajaran IPS ASIAPP (ASEAN Interaction App) pada materi interaksi antar negara-negara ASEAN untuk SMP kelas VIII - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS ASIAPP (ASEAN Interaction App) pada materi interaksi antar negara-negara ASEAN untuk SMP kelas VIII

Arifin, Alvia Arifta (2022) Pengembangan media pembelajaran IPS ASIAPP (ASEAN Interaction App) pada materi interaksi antar negara-negara ASEAN untuk SMP kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di tingkat sekolah menengah pertama. Mata pelajaran ini memiliki materi yang beragam untuk setiap tingkatan kelas. Salah satu materi yang dibahas yaitu mengenai interaksi antar negara-negara ASEAN pada tingkatan kelas VIII. Materi ini bersifat abstrak dan sulit dijangkau karena mencakup wilayah Asia Tenggara yang luas. Hal tersebut menyebabkan guru membutuhkan media sebagai penyalur informasi agar peserta didik dapat memahami isi materi tersebut. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan serta menguji kelayakan media pada materi tersebut. Pengembangan produk menggunakan metode Research and Development (R amp D) berpedoman pada desain ADDIE. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan software videoscribe yang dipadukan dengan aplikasi smart apps creator. Perpaduan ini kemudian menghasilkan produk akhir berupa aplikasi android bernama ASIAPP (ASEAN Interaction App). Aplikasi ini dilengkapi dengan informasi pendukung materi video pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi kuis serta soal evaluasi yang telah terintegrasi menjadi satu produk. Hasil kelayakan pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan persentase skor sebesar 100 % untuk validasi pada sudut pandang materi 87 5 % untuk validasi pada sudut pandang kebahasaan serta 95 % untuk validasi pada sudut pandang media pembelajaran. Sedangkan uji coba yang dilakukan kepada calon pengguna memperoleh persentase skor total sebesar 87 %. Berdasarkan persentase hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ASIAPP termasuk dalam kategori media yang ldquo sangat layak rdquo untuk digunakan kepada peserta didik IPS SMP/MTs kelas VIII. Rekomendasi untuk tindak lanjut dari penelitian ini yaitu dapat mengembangkan aplikasi ASIAPP yang mendukung semua sistem operasi gawai selain android serta media dapat diuji cobakan kepada peserta didik dalam skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271497

Actions (login required)

View Item View Item