Pengembangan e-comic sebagai suplemen bahan ajar mata pelajaran IPS materi interaksi sosial Kelas VII SMP / Ilma Naila Afina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-comic sebagai suplemen bahan ajar mata pelajaran IPS materi interaksi sosial Kelas VII SMP / Ilma Naila Afina

Afina, Ilma Naila (2022) Pengembangan e-comic sebagai suplemen bahan ajar mata pelajaran IPS materi interaksi sosial Kelas VII SMP / Ilma Naila Afina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tatap muka secara terbatas muncul permasalahan adanya penurunan eksplorasi materi dan capaian belajar. Permasalahan tersebut diindikasi oleh tingkat membaca materi dan studi literatur yang rendah serta keterbatasan waktu belajar di sekolah. Sehingga guru diharuskan meminimalisir penyebab-penyebab tersebut dengan melakukan pengembangan bahan pembelajaran atau sumber belajar yang membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar. Berdasarkan penelusuran peneliti bahan ajar yang disajikan guru di Sekolah merupakan literatur yang sangat minim media gambar. Sedangkan para siswa memiliki ketertarikan atau gaya belajar visual. Mereka lebih tertarik membaca bahan ajar bergambar seperti e-comic. Berdasarkan hal tersebut peneliti berinovasi untuk mengembangkan e-comic dengan animasi gambar yang menarik dan alur cerita berkaitan dengan materi interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah 1) merancang 2) menghasilkan 3) menguji kelayakan produk dan 4) kepraktisan e-comic sebagai suplemen bahan ajar materi interaksi sosial mata pelajaran IPS. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze (analisis) design (desain) develop (pengembangan) implement (penerapan) dan evaluate (evaluasi). Jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data mengenai peneliti uji kelayakan dan kepraktisan produk menggunakan alat bantu berupa angket pertanyaan tertutup dengan skala likert sedangkan angket terbuka berupa komentar dan masukan untuk memperoleh data kualitatif. Proses validasi dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A MTs Al-Manar Prambon. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan pada tahap awal dengan merancang Peneliti melakukan analisis di lapangan didapat hasilnya bahwa siswa memerlukan bahan ajar yang berbasis gambar dan penyampaian materi secara konkrit. Selanjutnya peneliti menyusun tujuan pembelajaran dan membuat script e-comic. Produk yang dihasilkan pada pengembangan ini yaitu berupa e-comic yang berisikan materi interaksi sosial dengan disajikan secara konkrit. E-comic yang telah dihasilkan akan dilakukan uji kelayakan diperoleh presentase 93 1% untuk validasi materi dan 91 6% untuk validasi media. Berdasarkan presentase validasi ahli dinyatakan ldquo sangat layak rdquo untuk diimplementasikan pada subjek penelitian. Selanjutnya produk yang sudah dinyatakan layak dilakukan uji kepraktisan berdasarkan respon pengguna dengan perolehan 92 8% untuk hasil respon guru dan 90 1% untuk hasil respon siswa. Berdasarkan hasil persentase respon pengguna dinyatakan ldquo sangat praktis rdquo untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS materi interaksi sosial. Selain itu siswa mampu mengekplorasi materi interaksi sosial dengan baik melalui e-comic dan terdapat perubahan positif terhadap hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271486

Actions (login required)

View Item View Item