Partisipasi masyarakat dan makna simbolik tradisi nyadran di Dusun Semanding Kabupaten Blitar / Efrina Rizkya Wahono - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi masyarakat dan makna simbolik tradisi nyadran di Dusun Semanding Kabupaten Blitar / Efrina Rizkya Wahono

Wahono, Efrina Rizkya (2022) Partisipasi masyarakat dan makna simbolik tradisi nyadran di Dusun Semanding Kabupaten Blitar / Efrina Rizkya Wahono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya rumor eksistensi Tradisi Nyadran di Dusun Semanding mulai menurun dikalangan masyarakat karena adanya modernisasi dan kurangnya pengetahuan mengenai makna spiritual yang tersirat di dalamnya. Padahal tradisi ini merupakan kebudayaan turun-temurun yang biasa dilakukan setiap tahun dan memiliki makna yang mengandung nilai luhur bagi warga Dusun Semanding. Adanya rumor tersebut peneliti bertujuan melakukan analisis latar belakang partisipasi masyarakat dan makna Tradisi Nyadran Dusun Semanding Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan berpedoman pada tahapan penelitian Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan prosesi Nyadran dilatar belakangi oleh bentuk penghormatan kepada roh leluhur masyarakat Dusun Semanding. Seluruh masyarakat aktif melaksanakan Nyadran sebagai bentuk kepatuhan norma adat istiadat dengan mengutamakan toleransi. Selain itu masyarakat menilai prosesi Nyadran memiliki makna simbolik pada setiap prosesinya yang melambangkan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271477

Actions (login required)

View Item View Item