Pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran daring (studi kasus era pandemi Covid-19 di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Bima Wahyu Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran daring (studi kasus era pandemi Covid-19 di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Bima Wahyu Pratama

Pratama, Bima Wahyu (2022) Pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran daring (studi kasus era pandemi Covid-19 di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang) / Bima Wahyu Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

COVID-19 telah merebak ke seluruh penjuru dunia yang membuat semua aktivitas manusia terbatas. Pembatasan sosial telah diterapkan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus yang kemudian hal ini pula diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran daring dipakai sebagai metode mengajar selama pandemi namun terdapat kendala berupa minimnya kemampuan akan pengawasan dan mengamati perkembangan siswa ketika guru menyampaikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis langkah strategis guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring dan menganalisis tolok ukur yang digunakan guru dalam menilai perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah strategis yang digunakan guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran daring antara lain (1) memanfaatkan media komunikasi virtual (2) memberikan contoh yang baik/ suri tauladan kepada siswa (3) melakukan pembinaan dan pembiasaan secara intens dan (4) memaksimalkan sinergitas wali murid dan guru. Tolok ukur yang digunakan guru dalam menilai perkembangan karakter siswa dapat dilihat dari (1) pengamatan guru mata pelajaran dan wali kelas dan (2) catatan berkelakuan baik siswa dari BK dan tata tertib sekolah. Rekomendasi yang dapat diberikan bagi peneliti selanjutnya adalah kajian tentang perubahan karakter siswa setelah diterapkannya pembelajaran daring di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271475

Actions (login required)

View Item View Item