Prosesi dan makna tradisi Sawah Kulon Kiai di Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk / Nana Wahyu Pramana - Repositori Universitas Negeri Malang

Prosesi dan makna tradisi Sawah Kulon Kiai di Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk / Nana Wahyu Pramana

Pramana, Nana Wahyu (2022) Prosesi dan makna tradisi Sawah Kulon Kiai di Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk / Nana Wahyu Pramana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tradisi merupakan suatu hal penting dalam masyarakat yang mampu membentuk sikap suatu anggota masyarakat dalam lingkungan maupun terhadap hal yang bersifat supranatural atau religius. Seiring berjalannya waktu tradisi mulai ditinggalkan oleh generasi muda dikarenakan mereka tidak mengetahui makna dilaksanakannya suatu tradisi. Oleh sebab itu Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sejarah dan pelaksanaan tradisi sawah kulon kiai serta menganalisis makna yang terkandung di dalam tradisi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Studi kasus menjadi desain dalam penelitian ini. Model interaktif Miles dan Huberman menjadi teknik analisis data. Teknik analisis data tersebut berupa pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sejarah dari tradisi sawah kulon kiai yang dilakukan sebagai penghormatan kepada Dewi Kesuburan atau Dewi Sri. Dalam proses pelaksanaan tradisi sawah kulon kiai terdapat empat tahapan yaitu bubak bumi kawit tandur ngelemi dan wiwit. Adapun makna tradisi sawah kulon kiai adalah wujud rasa terima kasih kepada Tuhan dan wujud pelestarian budaya dari nenek moyang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271473

Actions (login required)

View Item View Item