Penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa XI-IPA-2 di SMAN 8 Malag / Umi Nafiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa XI-IPA-2 di SMAN 8 Malag / Umi Nafiah

Nafiah, Umi (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa XI-IPA-2 di SMAN 8 Malag / Umi Nafiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI-IPA-2 SMA 8 Malang tanggal 6 Oktober 2009 menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah KTSP metode yang digunakan praktikum dengan anggota kelompok antara 5-6 siswa diskusi informasi ceramah dan metode penugasan. Dari metode pembelajaran yang digunakan siswa cenderung mengharapkan informasi dari seorang guru. Jumlah siswa yang mengajuka pertanyaan berkisar antara 30-45%. Kondisi siswa dalam proses belajar-mengajar masih cenderung pasif walaupun sudah digunakan berbagai macam metode belajar namun guru masih dianggap sebagai sumber utama dalam penerimaan informasi. Hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya. Seharusnya mereka dituntut untuk mengembangkan segala olahan informasi yang diterima dalam pikirannya selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu strategi model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab siswa adalah model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray) dengan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan bertanya dan menjawab siswa pada kelas XI-IPA-2 SMA 8 Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 6 November sampai 20 November. Data penelitian berupa kemampuan bertanya dan menjawab siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dapat (1) meningkatkan kemampuan bertanya siswa dari skor rata-rata 58 8% pada siklus I menjadi 68 75% pada siklus II (2) meningkatkan kemampuan menjawab siswa skor rata-rata dari 53 18% pada siklus I meningkat menjadi 68 125% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27146

Actions (login required)

View Item View Item