Makna simbolik tradisi sesajen "kirim dunga" bagi generasi muda di Desa Anggung Kecamatan Turen / Wulan Ria Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik tradisi sesajen "kirim dunga" bagi generasi muda di Desa Anggung Kecamatan Turen / Wulan Ria Fitri

Fitri, Wulan Ria (2022) Makna simbolik tradisi sesajen "kirim dunga" bagi generasi muda di Desa Anggung Kecamatan Turen / Wulan Ria Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna simbolik dari tradisi sesajen bagi generasi muda yang ada di Desa Tanggung. Masalah dalam penelitian ini difokuskan pada makna tradisi sesajen bagi generasi muda yang ada di Desa Tanggung. Guna menganalisis masalah ini dipergunakan acuan teori interaksi simbolik. Data-data dikumpulkan melalui hasil wawancara observasi dan kajian literatur dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tradisi sesajen yang masih dilakukan oleh masyarakat Desa Tanggung yaitu tradisi sesajen "kirim dung" yang dilakukan di Prasasti Turriyan atau Watu Godeg. Makna yang ada pada tradisi tersebut belum tersampaikan dengan baik kepada generasi muda yang ada di Desa Tanggung. Generasi muda yang ada di Desa Tanggung melakukan tradisi tersebut berdasarkan makna yang diperoleh dari hasil interaksi dengan individu lain yaitu keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu masih terdapat generasi muda yang tidak melakukan tradisi tersebut karena kebiasaan yang ada pada keluarganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 07:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271389

Actions (login required)

View Item View Item