Konstruksi peran perempuan dalam pertahanan budaya Bali di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi / Fitria Azizah Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi peran perempuan dalam pertahanan budaya Bali di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi / Fitria Azizah Salsabila

Salsabila, Fitria Azizah (2022) Konstruksi peran perempuan dalam pertahanan budaya Bali di Desa Patoman Kabupaten Banyuwangi / Fitria Azizah Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat Bali di Patoman hidup sebagai minoritas di tengah-tengah masyarakat komunitas Osing Banyuwangi. Masyarakat Bali masih menjalankan kebudayaan adat Balinya meskipun hidup di luar Bali dan hidup di dalam budaya Osing Banyuwangi. Pelaksanaan kebudayaan Bali di Patoman terdapat unsur dari budaya Osing Banyuwangi yaitu pada acara pertunjukan kesenian. Kebudayaan Bali yang masih bertahan dan terdapat unsur dari budaya Osing tersebut salah satunya adalah budaya Adat Metatah. Terlaksananya budaya adat Metatah tersebut juga dipengaruhi dari kontribusi perempuan. Perempuan Bali di Patoman menjalankan peran dalam Adat Metatah tentunya akan menyesuaikan peranannya dengan unsur-unsur Budaya Osing Banyuwangi dalam adat Metatah. Dengan realitas yang di hadapi perempuan Bali di Patoman tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan perempuan Bali dalam adat Metatah di Desa Patoman Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawanacara observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam peneltian ini berjumlah 8 orang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teori kontruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann digunakan dalam menganalisis data penelitian. Adapun hasil dari penelitian konstruksi Peran perempuan Bali dalam adat Metatah Di Patoman berbeda dengan peran perempuan Bali dalam adat Metatah yang ada di Bali pada umumnya. Perbedaan peran perempuan Bali di Patoman dengan perempuan Bali di Bali terletak pada tugas domestic (memasak) dan mejejahitan (membuat canang) serta tugas dalam memerankan kesenian pertunjutkan tari. Namun peran tersebut tidak merubah peran penting dan peran yang dominan dalam pelaksanaan adat Metatah meskipun perempuan mengalami subordinasi dan tetap berada pada peran domestik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271388

Actions (login required)

View Item View Item