Degenerasi petani muda di desa bocor Kecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen / Adilah Fajrin Daffa - Repositori Universitas Negeri Malang

Degenerasi petani muda di desa bocor Kecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen / Adilah Fajrin Daffa

Daffa, Adilah Fajrin (2022) Degenerasi petani muda di desa bocor Kecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen / Adilah Fajrin Daffa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Petani merupakan salah satu pekerjaan yang dahulunya merupakan pekerjaan utama bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang hidup di desa akan tetapi pada saat ini eksistensi petani menjadi berkurang seiring berkembangnya zaman. Para masayarakat desa terutama para pemuda lebih memilih merantau untuk bekerja di kota untuk mendapatkan pekerjaan yang memiliki penghasilan yang leih baik dibandingkan bekerja sebagai petani. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) kenapa generasi muda di Desa Bocor tidak memilih untuk menjadi petani sebagai profesi dan (2) bagaimana migrasi menjadi jalan alternatif bagi anak muda desa Bocor untuk menaikkan karir. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi . Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwasanya para pemuda di desa ingin memiliki perubahan dari segi ekonomi yang lebih baik dari keluarganya sehingga mereka berharap dengan merantau bisa memperbaiki segi ekonomi dari keluarganya dibandingkan menjadi petani yang penghasilannya hanya bergantung dari hasil panen yang tidak menentu. Merantau juga menjadi pilihan karena bagi para pemuda yang baru lulus sekolah menjadi pekerjaan sangatlah susah karena kondisi desa yang sangat sedikit lapangan pekerjaan dan Upah Minimun Kabupaten (UMK) di desa sangat kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 07:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271386

Actions (login required)

View Item View Item