Dinamika eksistensi jipen dalam arus modernisasi di Desa Kabuau, Kecamatan Parenggean / Latifa Nur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika eksistensi jipen dalam arus modernisasi di Desa Kabuau, Kecamatan Parenggean / Latifa Nur Rohmah

Rohmah, Latifa Nur (2022) Dinamika eksistensi jipen dalam arus modernisasi di Desa Kabuau, Kecamatan Parenggean / Latifa Nur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang Jipen sebagai hukum adat sekaligus salah satu kearifan lokal masyarakat Dayak di Desa Kabuau. Jipen merupakan sistem hukum menaungi permasalahan perkawinan perzinahan etika dan moral keyakinan dan kepercayaan tanggung jawab sosial perjanjian tanggung jawab terhadap lingkungan alam pengangkatan saudara harta benda tuduhan atau fitnah pencurian perkelahian dan pembunuhan secara adat. Praktik Jipen melalui perjalanan cukup panjang dalam proses penyesuaian hingga tetap eksis di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika Jipen dalam arus modernisasi serta menganalisis upaya masyarakat Dayak mempertahankan Jipen sehingga tetap lestari dengan menggunakan teori hasil pemikiran Talcott Parsons yaitu fungsionalisme struktural sistem ldquo tindakan rdquo atau skema AGIL (adaptation goal attainment integration latency). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi wawancara semi terstruktur serta dokumentasi. Pengumpulan data sekunder bersumber dari sumber terpercaya seperti buku dan artikel jurnal. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa transisi Jipen dipengaruhi oleh jejak sejarah pergerakan peradaban masyarakat tradisional Dayak ditandai dengan penghapusan perbudakan penghentian tradisi kayau penghentian permusuhan sesama etnis Dayak serta peristiwa Perjanjian Perdamaian Tumbang Anoi 1894. Tiap fungsi sistem memiliki keterkaitan satu sama lain dalam menjalankan peran masing-masing yang setara untuk mempertahankan keseimbangan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271385

Actions (login required)

View Item View Item