Strategi nafkah rumah tangga buruh tani di Desa Pagelaran Kabupaten Malang / Celis Kipyuarista Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi nafkah rumah tangga buruh tani di Desa Pagelaran Kabupaten Malang / Celis Kipyuarista Fitria

Fitria, Celis Kipyuarista (2022) Strategi nafkah rumah tangga buruh tani di Desa Pagelaran Kabupaten Malang / Celis Kipyuarista Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor pertanian berkontribusi meningkatkan produk domestik bruto (PDB). Namun sesuai fakta yang ada partisipasi penuh buruh tani dalam mencapai peningkatan PDB tidak menjamin para buruh tani hidup sejahtera serta berkecukupan sesuai dengan meningkatnya angka perekonomian negara. Mayoritas masyarakat buruh tani merupakan golongan menengah kebawah atau masyarakat miskin. Upah buruh tani yang rendah menyebabkan pembagian nafkah pada anggota rumah tangga. Penelitian terkait strategi nafkah rumah tangga buruh tani dikaji menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi partisipan serta dilanjutkan dengan wawancara secara mendalam. Studi literatur terkait strategi nafkah buruh tani juga dilakukan untuk mendukung data primer. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu lima bulan bersama dengan tujuh informan yang terpilih secara snowball sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kesejahteraan rumah tangga buruh tani di Desa Pagelaran Kabupaten Malang serta strategi nafkah yang dijalankan oleh buruh tani. Sesuai kondisi yang ada rumah tangga buruh tani dapat dikatakan belum sejahtera karena buruh tani memberikan nafkah kepada anggota rumah tangga dan ikut bertanggung jawab atas kebutuhan sehari-hari sesuai dengan teori shared poverty. Oleh karena itu buruh tani menerapkan strategi nafkah ekstensifikasi (penambahan jumlah lahan yang dikerjakan) intensifikasi (penambahan atau pengurangan tenaga kerja) serta menerapkan pola nafkah ganda dan migrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271377

Actions (login required)

View Item View Item