Analisis keterlibatan perempuan dalam kelompok tani di Desa Purworejo / Amelia Susanto Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterlibatan perempuan dalam kelompok tani di Desa Purworejo / Amelia Susanto Putri

Putri, Amelia Susanto (2022) Analisis keterlibatan perempuan dalam kelompok tani di Desa Purworejo / Amelia Susanto Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan perempuan dalam kelompok tani dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu pandangan masyarakat tentang keanggotaan kelompok tani penentuan waktu rapat harian dan sistem rekruitmen anggota kelompok tani. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis mengenai keterlibatan perempuan dalam kelompok tani di Purworejo. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa adanya stigma dan pola yang membagi masyarakat dalam kehidupan publik dan domestik antara perempuan dan laki- laki berakibat pada kurang diperhitungkannya perempuan dalam ranah publik yang berdampak pada minimnya suara perempuan dalam pengambilan kebijakan di kelompok tani dan tidak merata nya informasi mengenai rekruitmen anggota. Hal ini menyebabkan perempuan tani mengalami kesulitan untuk turut terlibat dan bergabung dalam kelompok tani meskipun telah memenuhi syarat dan kriteria yang ada. Meski demikian masyarakat melihat hal ini sebagai hal yang wajar dikarenakan adanya sistem sosial yang telah dilakukan secara turun temurun. Dalam teori struktural fungsional dijelaskan bahwa status quo atau ketentuan yang sudah ada sebelumnya dilihat sebagai hal yang wajar dan harmoni sehingga masyarakat tidak melihat adanya konflik di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271372

Actions (login required)

View Item View Item