Generasi muda Islam aboge mempertahankan ajaran serta hubungan sosial di masyarakat Desa Leces / Fachrul Abdul Latif - Repositori Universitas Negeri Malang

Generasi muda Islam aboge mempertahankan ajaran serta hubungan sosial di masyarakat Desa Leces / Fachrul Abdul Latif

Latif, Fachrul Abdul (2022) Generasi muda Islam aboge mempertahankan ajaran serta hubungan sosial di masyarakat Desa Leces / Fachrul Abdul Latif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat penganut Islam Aboge Desa Leces sudah lama ada dan berbaur dengan masyarakat sekitar tanpa adanya konflik walaupun memiliki sedikit ajaran yang berbeda dari Islam pada umumnya. Jumlah masyarakat yang menganut ajaran Aboge terbilang sedikit karena berkelompok di satu RT. Meskipun jumlahnya sedikit tetapi keberadaan penganut ajaran Aboge terus ada dan masih aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana generasi muda Islam Aboge dalam mengenal ajarannya dan terus mempertahankan ajarannya dan bagaimana hubungan antara penganut Islam Aboge dengan penganut Islam non Aboge di masyarakat Desa Leces. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta dengan teknik pengumpulan data snowball sampling. Hasil penelitian ini ialah para generasi muda Aboge berperan aktif dalam kegiatan agama yang dilaksanakan di lingkungan kelompok Aboge namun kurang tertarik atau kurang siap untuk meneruskan sebagai tokoh agama karena kurangnya ilmu tentang ajaran Aboge. Hubungan sosial antara kelompok Islam Aboge dengan masyarakat sekitar terbilang baik dan rukun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271369

Actions (login required)

View Item View Item