degenerasi pemuda dalam pertanian di desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang / Nadya Pramudiana Fariza - Repositori Universitas Negeri Malang

degenerasi pemuda dalam pertanian di desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang / Nadya Pramudiana Fariza

Fariza, Nadya Pramudiana (2022) degenerasi pemuda dalam pertanian di desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang / Nadya Pramudiana Fariza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya angka regenerasi dalam sektor pertanian dapat menimbulkan berbagai masalah didalamnya. Produktivitas dan kelangkaan tenaga kerja menjadi masalah utama yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya minat generasi muda dalam pertanian bagaimana dampaknya dan mengetahui usaha dari pihak terkait untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di Desa Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan objek penelitian secara naratif berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Subjek penelitian yaitu Pemuda desa kepala kelompok tani petani sekretaris desa dan kepala dusun. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penyebab utama dari rendahnya angka regenerasi pemuda dalam pertanian di Desa Puroworejo adalah pengaruh pandangan dari orang tua pemuda yang menginginkan mereka untuk dapat meningkatkan status sosial keluarga melalui sektor lain diluar pertanian yang dinilai tidak stabil dan menjanjikan. Dampak yang ditimbulkan yaitu mulai banyaknya petani yang menyewakan lahan pertanian mereka untuk kemudian dijadikan perkebunan tebu yang secara signifikan cukup merubah pola fikir dan konsumsi mereka. Usaha yang dilakukan pihak terkait hal ini masih belum nampak hasilnya sehingga pemuda belum tertarik untuk terlibat dalam sektor pertanian di Desa Purworejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271358

Actions (login required)

View Item View Item