Implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Nahdlatul Ulama pada Pencak Dor / Ahmad Nasihuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Nahdlatul Ulama pada Pencak Dor / Ahmad Nasihuddin

Nasihuddin, Ahmad (2022) Implementasi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Nahdlatul Ulama pada Pencak Dor / Ahmad Nasihuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ahlussunnah Wal Jama rsquo ah atau aswaja adalah bagian penting dalam Nahdlatul Ulama yaitu sebagai landasan atau pondasi utama dalam berpikir (manhajul fikr) dan bertindak (manhaj al-amal) penanaman ajaran Ahlussunnah Wal Jama rsquo ah sanagat penting bagi umat Islam terutama warga Nahdlatul Ulama. Pagar Nusa sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama yang menaungi beberapa aliran pencak silat di Indonesia salah satunya GASMI yang berpusat di pesantren Lirboyo Kediri dengan tradisi yang masih terjaga sampai sekarang yaitu Pencak Dor tradisi latih tanding bagi para pesilat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta menjelaskan tentang penanaman nilai-nilai ajaran Ahlussunnah Wal Jama rsquo ah dalam tradisi Pencak Dor. Serta pemahaman tentang makna yang terkadung dalam Pencak Dor dan sejarahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diperoleh melalui analisis data wawancara meliputi pelatih GASMI Lirboyo atlit pencak dor wasit dan santri GASMI. Analisis data menggunakan teori fungsional struktural AGIL Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencak dor merupakan tradisi latih tanding yang menjadi media silaturahmi para pendekar dari berbagai aliran pencak silat dengan berpedoman pada ajaran nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama rsquo ah meliputi nilai tawasuth tasamuh tawazun dan i rsquo tidal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271335

Actions (login required)

View Item View Item