Pengembangan media infografis tentang materi sejarah lokal perjuangan Kadet Soewoko tahun 1945-1949 untuk pembelajaran siswa kelas xi IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan / Rozaqul Faidl - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media infografis tentang materi sejarah lokal perjuangan Kadet Soewoko tahun 1945-1949 untuk pembelajaran siswa kelas xi IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan / Rozaqul Faidl

Faidl, Rozaqul (2022) Pengembangan media infografis tentang materi sejarah lokal perjuangan Kadet Soewoko tahun 1945-1949 untuk pembelajaran siswa kelas xi IIS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan / Rozaqul Faidl. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia seringkali mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Salah satu bagian dari sistem pendidikan tersebut adalah Kurikulum. Pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 revisi. Matapelajaran sejarah merupakan matapelajaran yang wajib di pelajari dalam tingkatan SMA/MA dan SMK/MAK. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk menghasilkan Infografis dengan tema Sejarah Lokal untuk kelas XI MA sederajat matapelajaran Sejarah Indonesia. Tujuan selanjutnya adalah mengukur validitas produk Infografis pada materi ldquo Sejarah Perjuangan Kadet Soewoko dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia 1945-1949 rdquo untuk kelas XI MA IIS MA Terbiyatut Tholabah Lamongan. Penelitian ini mengguna kan metode Research and Development (R amp D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang di awali dengan penelitian dan penggumpulan data dan di akhiri dengan hasil produk. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa (1) angket (2) observasi (3) wawancara dan (4) dokumentasi. Berdasarkan hasil validitas yang dilakukan yaitu evaluasi perseorangan dan evaluasi Lapangan didapatkan beberapa kesimpulan. Pada evaluasi perseorangan yaitu validasi ahli materi mendapatkan skor presentase sebesar 88 75 dan validasi ahli media mendapatkan skor presentase 95%. Berdasarkan presentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Infografis sangat valid untuk dilakukan evaluasi tahap selanjutnya di sekolah. Pada evaluasi Lapangan menggunakan metode observasi berdasarkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran yang dilakuakan di kelas siswa sangat aktif bertanya dan mendengarkan penjelasan Pengajar mengenai materi yang disampaikan. Baerdasarkan observasi tersebut dapat dikatakan bahwa media Infografis memenuhi kelayakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271235

Actions (login required)

View Item View Item