Pengembangan media laman pembelajaran berbasis cms wordpress tentang sejarah lokal keberadaan komunitas oreng manduro untuk Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kabuh Jombang / Khurini In Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media laman pembelajaran berbasis cms wordpress tentang sejarah lokal keberadaan komunitas oreng manduro untuk Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kabuh Jombang / Khurini In Jannah

Jannah, Khurin In (2022) Pengembangan media laman pembelajaran berbasis cms wordpress tentang sejarah lokal keberadaan komunitas oreng manduro untuk Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Kabuh Jombang / Khurini In Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

CMS WordPress merupakan Content Management System yang digunakan menggunakan Bahasa PHP. WordPress merupakan CMS Open Source yang source-nya dapat di download dengan gratis sehingga dapat dimodifikasi sesuai dengan yang diinkan. Kelebihan dalam pembuatan media ini adalah pengoperasiannya yang mudah dalam menggunakannya sehingga dengan CMS orang yang tidak mengerti Bahasa pemrograman web sekalipun dapat dengan mudah membuat website untuk berbagai keperluan. Selama proses pembuatan media laman pembelajaran berbasis CMS WordPress ini harus terhubung dengan internet untuk mengoperasikan CMS WordPress. Sejarah lokal adalah suatu tempat atau ruang yang menyangkut lokalitas tertentu yang disepakati oleh para penulis sejarah atau sejarawan dengan alasan alasan ilmiah. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media laman pembelajaran berbasis CMS WordPress dan menguji kelayakan dari media laman pembelajaran berbasis CMS WordPress. Peneliti menemukan hambatan yang didapatkan oleh siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri Kabuh yakni tidak diajarkannya materi tentang sejarah lokal yang ada di Kabuh dan tidak dianjurkannya sejarah lokal yang dimuat dalam aplikasi android yang memudahkan peserta didik dalam belajar tentang sejarah lokal di sekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk itu sendiri yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model dari Branch yang dikenal dengan model ADDIE. Adapun tahapan penelitian tersebut ialah analisis (analyze) desain (design) pengembangan (develop) implementasi (implement) dan evaluasi (evaluate). Hasil dari penelitian ini mendapat persentase yang mengatakan bahwa media pembelajaran ini telah memenuhi syarat dan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal itu dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan presentase 93 3% dikategorikan sangat valid dan validasi media dengan presentase 81 6 dikategorikan valid. Dari angket respon siswa kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa dengan presentase 94 5% dikategorikan sangat layak dan angket respon siswa kelompok besar berjumlah 31 siswa dengan presentase 88 38% dikategorikan sangat layak. Dari hasil pretest yang berjumlah 31 siswa dengan presentase 56 12% dan hasil posttest dengan presentase 76 12%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271223

Actions (login required)

View Item View Item