Pengembangan media video animasi 2d tentang cerita kunjarakarna pada Candi Jago bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah untuk kelas x ips SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Dicky Purnama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi 2d tentang cerita kunjarakarna pada Candi Jago bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah untuk kelas x ips SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Dicky Purnama Putra

Putra, Dicky Purnama (2022) Pengembangan media video animasi 2d tentang cerita kunjarakarna pada Candi Jago bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah untuk kelas x ips SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang / Dicky Purnama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam observasi awal yang dilakukan pada kelas X IPS SMAN 1 Tumpang ditemukan bahwa pembelajaran sejarah di kelas masih menggunakan media pembelajaran konvensional yaitu pendidik hanya menggunakan power point dan ceramah. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik menjadi bosan kurang memperhatikan pelajaran dan bahkan beberapa peserta didik yang duduk dibelakang tertidur saat pelajaran. Kemudian materi certita Kunjarakarna tidak terdapat di buku paket wajib kelas X Sejarah Indonesia 2017 dikarenakan buku paket tersebut bersifat nasional. Selain itu terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diambil pada cerita Kunjarakarna. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi dengan menghadirkan media pembelajaran sejarah video animasi 2D. Pemilihan media pembelajaran ini dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik materi pelajaran dan kurikulum yang berlaku di sekolah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media video animasi 2D tentang cerita Kunjarakarna pada Candi Jago bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah untuk kelas X IPS SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang. Pada penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan model penelitian dari Sugiyono (2017) yang telah dimodifikasi. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk. Produk yang dihasilkan adalah sebuah media pembelajaran sejarah video animasi 2D. Produk ini menampilkan cerita Kunjarakarna yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius disiplin rasa ingin tahu peduli sosial dan tanggung jawab dengan memvisualisasikan menjadi video animasi 2D yang lebih sederhana sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Produk ini dikembangkan menggunakan Adobe After Effects CC dan Adobe Premiere Pro CC. Pada produk pengembangan ini menggunakan Kompetensi Dasar 3.6 Mengidentifikasi karakteristik kehidupan masyarakat pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Hasil uji validasi materi mendapatkan persentase sebesar 82 5%. Hasil uji validasi media mendapatkan persentase sebesar 93 1%. Maka dari itu hasil uji validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan produk tersebut sangat valid. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 90 62%. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 90 48%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan produk tersebut sangat layak digunakan pada kelas X IPS SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271221

Actions (login required)

View Item View Item