Pengembangan bahan ajar handout berbasis qr code materi sejarah masjid majan untuk pembelajaran sejarah lokal pada Kelas X SMKN 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Luvi Dyla Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar handout berbasis qr code materi sejarah masjid majan untuk pembelajaran sejarah lokal pada Kelas X SMKN 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Luvi Dyla Maulana

Maulana, Luvi Dyla (2022) Pengembangan bahan ajar handout berbasis qr code materi sejarah masjid majan untuk pembelajaran sejarah lokal pada Kelas X SMKN 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Luvi Dyla Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepribadian individu bisa menjadi lebih baik dapat melalui sebuah pendidikan. Terutama pendidikan sejarah karena dari pengalaman yang terjadi di masa lalu dapat dijadikan untuk menjalani kehidupan baik di masa kini. Keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya didukung oleh media belajar. Media belajar berupa bahan ajar cetak sangat dibutuhkan siswa sebagai pedoman dalam mempelajari materi. Selain itu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran di sekolah antara lain yaitu pemanfaatan sumber sejarah lokal. Hal ini sesuai dengan konsep Kurikulum 2013 bahwa pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa dengan tujuan siswa aktif dan berani untuk mengembangkan pengetahuannya. Demikian untuk mewujudkan konsep Kurikulum 2013 dan keberhasilan dalam pembelajaran sejarah maka perlu pengembangan bahan ajar cetak dengan memuat materi sejarah lokal. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis. Bahan ajar yang dikembangkan supaya dapat menjadi panduan belajar siswa secara mandiri maupun kelompok. Bahan ajar yang dikembangkan memuat materi mengenai kesejarahan lokal bertujuan supaya siswa mengenal dan memahami sejarah lokal daerahnya serta memupuk rasa cinta tanah air. Selain itu bahan ajar yang dikembangkan berbasis QR Code bertujuan mempermudah siswa untuk mengetahui keadaaan asli lingkungan situs sejarah dengan efisien waktu. Penelitian ini melalui 10 tahap yaitu meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba pemakaian 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk dan 10) produksi masal. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Boyolangu pada kelas X Administrasi dan Perhotelan 1 (APH 1). Tujuan melakukan penelitian di lokasi tersebut karena terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen yaitu pedoman observasi angket pedoman wawancara dan kuesioner. Untuk memperoleh data maka menggunakan teknik analisis kuantitatif kemudian dilakukan analisis kembali dalam bentuk kualitatif. Handout berbasis QR Code terhadap validasi materi memperoleh hasil 95 29% menunjukkan kriteria sangat valid sedangkan validasi bahan ajar memperoleh hasil 94 12% menunjukkan kriteria sangat valid. Pada tahap implementasi kelompok kecil jumlah 10 responden memperoleh hasil 83 73% pada kriteria sangat praktis. Sedangkan implementasi kelompok besar memperoleh 92 57% dan tergolong sangat praktis ketika diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Kesimpulannya adanya handout berbasis QR Code sangat praktis serta dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi sejarah lokal pada kompetensi tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271220

Actions (login required)

View Item View Item