Implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) matapelajaran sejarah Indonesia di Kelas X MAN 1 Gondanglegi Malang / Siti Arifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) matapelajaran sejarah Indonesia di Kelas X MAN 1 Gondanglegi Malang / Siti Arifah

Arifah, Siti (2022) Implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) matapelajaran sejarah Indonesia di Kelas X MAN 1 Gondanglegi Malang / Siti Arifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah di sekolah kini telah menggunakan Kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum 2013 mengarahkan siswa belajar secara mandiri menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Pada proses pembelajaran mengguakan UKBM matapelajaran Sejarah Indonesia kelas X MAN 1 Gondanglegi masih belum maksimal dikarenakan masih adanya hambatan yang dirasakan baik guru maupun siswa. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri matapelajaran sejarah Indonesia di kelas X MAN 1 Gondanglegi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi UKBM matapelajaran sejarah Indonesia di kelas X MAN 1 Gondanglegi Malang. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan implementasi UKBM matapelajaran sejarah Indonesia di kelas X MAN 1 Gondanglegi Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Data penelitian ini berupa paparan dari hasil wawancara observasi dokumentasi dan dokumen dengan Guru matapelajaran sejarah Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumen. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diperoleh tiga simpulan yaitu Pertama perencanaan pembuatan UKBM yang disusun secara individu oleh guru matapelajaran sejarah Indonesia. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penyusunan UKBM yakni pada buku penunjang yang mengalami revisi. Kedua hambatan pada pelaksanaan yakni kurangnya kesiapan siswa dalam penggunaa UKBM ketersedian sumber belajar dan pengondisian kelas. Ketiga hambatan dalam proses evaluasi sebab kesenjangan kecepatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271217

Actions (login required)

View Item View Item