Studi kemampuan infeksi dari Aphid sp., Ceratovacuna lanigera, dan Rhopaloshipum maydis spesies homoptera dalam menularkan penyakit mosaik bergaris pada tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) di Pusat Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan / Indah Karismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kemampuan infeksi dari Aphid sp., Ceratovacuna lanigera, dan Rhopaloshipum maydis spesies homoptera dalam menularkan penyakit mosaik bergaris pada tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) di Pusat Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan / Indah Karismawati

Karismawati, Indah (2010) Studi kemampuan infeksi dari Aphid sp., Ceratovacuna lanigera, dan Rhopaloshipum maydis spesies homoptera dalam menularkan penyakit mosaik bergaris pada tanaman tebu (Saccharum officinarum L.) di Pusat Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan / Indah Karismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Jati.I Nurhidayat. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Kewirausahaan Kelas XI SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Sopiah M.Pd. M.M (2) Imam Bukhori S.Pd M.M Kata Kunci kecerdasan emosional (EQ) Prestasi Belajar Secara umum prestasi belajar siswa di Indonesia ditentukan oleh kemampuan kognitifnya dalam memahami sebaran materi pelajaran yang telah ditentukan didalam kurikulum. Setelah begitu lama mengenal dan memahami apa itu IQ (Intelegence Quetiont/kecerdasan intelektual) lahirlah EQ (Emotional Quetient/kecerdasan emosional) yang dari berbagai hasil penelitian terbukti memiliki peran lebih penting dibandingkan dengan kecerdasan intelektual (IQ). Kecerdasan otak barulah merupakan syarat minimal untuk meraih keberhasilan kecerdasan emosilah yang sesungguhnya menghantarkan menuju puncak prestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel kecerdasan emosional yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini mempuyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel yaitu kesadaran diri (X1) pengaturan diri (X2) motivasi (X3) empati (X4) dan ketrampilan sosial (X5).Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah prestasi belajar (Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausalitas. Serta dianalisis dengan regresi linier berganda. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional secara partial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar siswa dan menggunakan nilai raport untuk mengetahui prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 2 Malang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 63 responden. Sampel diambil dengan menggunakan proporsional random sampling dan purposive sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal tenaga biaya dan waktu Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan kesadaran diri secara parsial terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai B 0 067 thitung 2 018 dan Sig t 0 048 (2) ada pengaruh positif yang signifikan pengaturan diri secara parsial terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai B 0 071 thitung 2 159 dan Sig t 0 035 (3) ada pengaruh positif yang signifikan motivasi secara parsial terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai B 0 056 thitung 2 281 dan Sig t 0 026 (4) ada pengaruh positif yang signifikan empati secara parsial terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai B 0 051 thitung 2 064 dan Sig t 0 044 (5) ada pengaruh positif yang signifikan ketrampilan sosial secara parsial terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai B 0 084 thitung 2 488 dan Sig t 0 016 dan (6) terdapat pengaruh positif yang signifikan kesadaran diri (X1) pengaturan diri (X2) motivasi (X3) empati (X4) dan ketrampilan sosial (X5) secara simultan terhadap prestasi belajar siwa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang dengan nilai Fhitung 56 743 Ftabel 3 15 Sig. F 0 000 R 0 913 R square 0 833 dan Adjusted R Square 0 818. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosional (EQ) dapat mempengaruhi keputusan pembelian baik secara partial maupun secara simultan.kesadaran diri (X1) pengaturan diri (X2) motivasi (X3) empati (X4) dan ketrampilan sosial (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata diklat kewirausahaan kelas XI SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2009/2010 sebesar 81 8% sedangkan sisasnya sebesar 18 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Murid Sebaiknya murid selalu melatih kecerdasan emosionalnya dengan cara melakukan interaksi dengan sesama teman melatih kesadaran diri motivasi dan empati serta tidak hanya mementingkan kecerdasan intelektualnya saja dalam menilai prestasi belajar.(2) Guru (a) hendaknya menetapkan strategi pembinaan dengan melatih siswa untuk mengembangkan kecerdasan emosioanal di dalam proses belajarnya dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa (b) diharapkan dapat mengajarkan kecerdasan emosional sejak dini karena kecerdasan emosional tersebut dapat berkembang melalui proses pembelajaran yang terus menerus. (3) peneliti lain di masa mendatang (a) peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu siswa kelas X-XII pada seluruh mata diklat pelajaran serta tempat penelitian tidak hanya pada jenjang sekolah SMK. (b) Bagi peneliti lain selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian seperti kecerdasan intelektual kecerdasan spiritual keadaan sosial dan ekonomi orang tua yang dihubungkan dengan prestasi belajar siswa yang berpengaruh sekitar 18 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item