Persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di kelas x bahasa SMA Islam Al-Ma'arif Singosari Kababupaten Malang / Arizha Ervinawati Sumarsono</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di kelas x bahasa SMA Islam Al-Ma'arif Singosari Kababupaten Malang / Arizha Ervinawati Sumarsono</p>

Sumarsono, Arizha Ervinawati (2021) Persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di kelas x bahasa SMA Islam Al-Ma'arif Singosari Kababupaten Malang / Arizha Ervinawati Sumarsono</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ervinawati A. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Bahasa SMA Islam Al-Ma rsquo arif Singosari. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum. Kata Kunci persepsi siswa pembelajaran sejarah pandemi Covid-19 Pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar bagi aspek kehidupan masyarakat. Dampak tersebut terjadi di berbagai bidang seperti sosial ekonomi pariwisata dan tak luput juga bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran (SE) pada tanggal 18 Maret 2020 menyatakan bahwa segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di semua sektor akan ditunda sementara waktu terutama bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kemudian menindaklanjuti dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran kemudian dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Belajar di rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19 termasuk pembelajaran sejarah. Namun dalam pelaksanaannya pembelajaran jarak jauh ini masih dikatakan kurang efektif karena kurangnya kesiapan dari siswa maupun guru serta fasilitas yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Banyaknya materi yang harus disampaikan dengan kondisi jaringan internet yang berbeda-beda setiap tempat dan provider dan kurangnya kreativitas guru dalam mengemas materi pembelajaran jarak jauh atau daring untuk pembelajaran sejarah menjadi hambatan dalam tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas X bahasa SMA Islam Al Ma rsquo arif Singosari Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara dan peneliti sebagai instrumen penelitian. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan kredibilitas keterahlian keterikatan dan kepastian. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar bagi aspek pendidikan sehingga mengenalkan pada pembelajaran jarak jauh atau daring untuk matapelajaran sejarah. Pembelajaran ini dinilai kurang efektif jika digunakan sebagai cara belajar pada masa pandemi karena banyaknya respon negatif dari siswa terkait dengan pembelajaran jarak jauh. Keterbatasan kuota data internet jaringan atau sinyal smartphone yang digunakan dan cara belajar yang melalui daring membuat mereka kesulitan memahami materi secara langsung disamping kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi sehingga ada siswa yang merasa bosan karena banyaknya tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271207

Actions (login required)

View Item View Item