Persepsi siswa Kelas xi terhadap pembelajaran hybrid learning mata pelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Magetan / Izaz Ifafauzia Nurdiatna - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa Kelas xi terhadap pembelajaran hybrid learning mata pelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Magetan / Izaz Ifafauzia Nurdiatna

Nurdiatna, Izaz Ifafauzia (2022) Persepsi siswa Kelas xi terhadap pembelajaran hybrid learning mata pelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Magetan / Izaz Ifafauzia Nurdiatna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi shy Covid-19 membawa dampak yang besar pada berbagai aspek kehidupan. Dampak tersebut terjadi di berbagai bidang seperti sosial ekonomi pariwisata dan tak terkecuali pendidikan. Pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran yang mulanya dilaksanakan secara tatap muka dirubah menjadi pembelajaran daring. Kemudian regulasi pemerintah mengenai pembelajaran daring berganti menjadi pembelajaran secara hybrid learning. Kondisi ini selain terdapat kelebihan namun juga terdapat kekurangan selama pelaksanaannya khususnya pada pembelajaran sejarah. Dalam pelaksanaan pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah guru dan siswa menghadapi berbagai kendala. Banyaknya materi yang harus disampaikan namun kurangnya jam pembelajaran kondisi jaringan internet yang berbeda pada setiap tempat dan provider e-learning madrasah yang sering bermasalah siswa kesulitan dalam memahami materi selama pembelajaran dan tidak kondusifnya lingkungan rumah siswa untuk pembelajaran menjadi hambatan dalam tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi persepsi siswa kelas XI terkait pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal di MAN 1 Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah serta kendala-kendala yang dihadapi melalui proses pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran tentang persepsi siswa kelas XI terhadap pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu pengumpulan data melalui wawancara dengan siswa observasi pembelajaran sejarah dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan persepsi yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XI MAN 1 Magetan tahun 2022 terhadap pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah dalam kategori negatif pada indikator kecerdasan serta dalam kategori kurang bpada indikator mental minat sosial dan lingkungan. Kendala-kendala yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran secara hybrid learning pada mata pelajaran sejarah antara lain siswa kurang memahami materi yang disampaikan saat pembelajaran kendala pada jaringan e-learning madrasah yang bermasalah pengurangan jam pembelajaran saat luring dan lingkungan rumah siswa yang kurang kondusif untuk pembelajaran secara daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271118

Actions (login required)

View Item View Item