Pengembangan media pembelajaran sejarah trudstory (truth or dare history) berbasis instagram pada materi mobilisasi rakyat bidang militer masa Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 Kelas XI HS 2 untuk SMA Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Amalia Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah trudstory (truth or dare history) berbasis instagram pada materi mobilisasi rakyat bidang militer masa Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 Kelas XI HS 2 untuk SMA Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Amalia Firmansyah

Firmansyah, Amalia (2022) Pengembangan media pembelajaran sejarah trudstory (truth or dare history) berbasis instagram pada materi mobilisasi rakyat bidang militer masa Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 Kelas XI HS 2 untuk SMA Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Amalia Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firmansyah Amalia. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Trudstory (truth or dare history) Berbasis Instagram pada Materi Mobilisasi Rakyat Bidang Militer Masa Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945 Kelas XI IIS 2 untuk SMA Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd M.Hum. (II) Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd. M.Pd. Kegiatan pembelajaran sejarah terdapat persoalan yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Peneliti melakukan observasi mengenai matapelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Dolopo pada kelas XI IIS 2 dengan permasalahan antara lain 1) kurangnya variasi media yang digunakan 2) pelaksanaan pembelajaran masih terpaku pada metode ceramah 3) siswa kesulitan memahami intisari dari materi sejarah Indonesia. Hal penemuan yang dilakukan oleh peneliti perlu adanya inovasi untuk pembuatan media pembelajaran dan di dukung juga dengan potensi yang ditemukan oleh peneliti antara lan 1) SMA Negeri 1 Dolopo sekolah yang sudah berbasis IT 2) Fasilitas sekolah yang mendukung sehingga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran 3) Adanya jaringan WiFi dan sinyal yang memadai di sekolah 4) Siswa diperbolehkan membawa smartphone yang dapat digunakan dalam pembelajaran 5) Siswa sudah banyak menggunakan aplikasi Instagram. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran yang mudah diakses dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran sejarah yaitu TRUDSTORY (truth or dare history). TRUDSTORY (truth or dare history) merupakan media pembelajaran yang dikemas dalam filter berbasis Instagram dengan pengembangan menggunakan aplikasi Spark AR Studio dan Adobe Photoshop. Media pembelajaran TRUDSTORY mengangkat materi Mobilisasi Rakyat Bidang Militer Masa Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945 berdasarkan K.D 3.5 Menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia. Media pembelajaran ini sebagai acuan untuk mampu memberikan media yang baru berinovasi mengenai kegiatan pembelajaran sejarah yang dapat digunakan dan dioperasikan dimanapun berada. Media pembelajaran TRUDSTORY dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima langkah pelaksanaan dalam penelitian dan pengembangan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan Evaluasi. Berdasarkan hasil dalam penelitian dan pengembangan produk yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria layak. Hasil dari validasi materi mendapatkan skor 90% dan hasil validasi media mendapatkan skor 86%. Tahap selanjutnya uji coba kelompok kecil mendapatkan 86% dengan hasil rata-rata pretest 39 dan posttest 70. Uji kelompok besar mendapatkan skor 80% dengan hasil rata-rata pretest 41 3 dan posttest 59. Dari hasil tersebut TRUDSTORY (truth or dare history) dikategorikan media pembelajaran yang layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271116

Actions (login required)

View Item View Item